Unduh Aplikasi

Cegah ISPA Akibat Kabut Asap, Srikandi PP Abdya Bagikan Masker

Cegah ISPA Akibat Kabut Asap, Srikandi PP Abdya Bagikan Masker
Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau mulai memasuki Aceh. Dalam beberapa hari belakangan, masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki kebiasaan baru mengamati gunung di kabupaten setempat, yang "hilang" ditelan lapisan kelabu.Dipagi hari, matahari dari balik lapisan kelabu itu terlihat merah membara.

Polusi udara ini mulai menganggu kesehatan warga. Sejumlah masyarakat di kabupaten Abdya, mulai terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) berupa batuk, sakit tenggorokan, susah bernapas yang di beberapa kasus diiringi rasa pusing.

Bahkan, kondisi ini dirasakan sangat menyiksa bagi penderita asma yang berujung pada harus diambil tindakan di fasilitas kesehatan terdekat. Prihatin atas hal tersebut, Srikandi Pemuda Pancasila (PP) Abdya yang diketuai Hayaturrayah, mengambil tindakan nyata untuk membantu masyarakat menghadapi kabut asap ini.

Sekretaris Srikandi PP Abdya sekaligus koordinator kegiatan, Khairiyah, mengatakan langkah awal yang dilakukan pihaknya yaitu dengan membagikan masker gratis kepada warga, khususnya pada pelajar usia dini dan sekolah dasar, yang kondisi imunitas tubuhnya masih sangat rentan dijangkiti ISPA.

"Kami juga akan mengusahakan agar kaum lansia dan ibu hamil mendapat jatah masker, karena mereka juga termasuk kaum rentan. Untuk tahap awal pembagian akan dilakukan di Kecamatan Blangpidie, Lembah Sabil dan Manggeng," jelas Khairiyah kepada AJNN, Selasa (24/9).

"Masker yang kami bagikan adalah masker standar faskes. Diharapkan masker-masker ini akan dapat membantu masyarakat Abdya terhindar dari akibat buruk terpapar asap," tambahnya.

Sementara itu lanjut Khairiyah lagi, dalam tim kegiatan sosial tersebut terdapat beberapa anggota yang berprofesi sebagai dokter dan tenaga medis lainnya. Sehingga ketika mendapati kondisi tertentu, dapat segera diberikan penanganan. Selain itu, dalam kegiatan itu mereka turut memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya kabut asap dan cara mengatasinya.

"Tahap awal ini, ada 400 lembar masker yang kami bagikan. Dalam tim kami terdapat anggota yang berprofesi dokter, sehingga apabila ada warga yang membutuhkan, dapat berkonsultasi kesehatan terkait ISPA," ujarnya.

Kata Khairiyah, kegiatan tersebut mulai dilakukan hari ini Selasa (24/9) pukul 08.00 WIB. Ia bersama timnya bergerak dari jalan, hingga menyusuri beberapa sekolah dalam kecamatan yang telah ditentukan. Ia menyebutkan kegiatan sosial ini bisa dikatakan kegiatan kilat, karena dalam waktu singkat pihaknya menggalang dana, menyiapkan tim dan langsung turun ke lapangan.

"Masih dari kami, untuk masyarakat Abdya. Untuk ke depan kami akan bersinergi dengan lembaga-lembaga lain di Abdya. Kegiatan hari ini boleh dibilang kegiatan blietzskrieg. Ke depan, kami berkomitmen untuk senantiasa ada di barisan terdepan dalam memperjuangkan ketentraman dan kemaslahatan masyarakat," pungkasnya

Komentar

Loading...