Unduh Aplikasi

Cegah Barang Ilegal Masuk ke Aceh, Bea Cukai Sisir Perairan Langsa

Cegah Barang Ilegal Masuk ke Aceh, Bea Cukai Sisir Perairan Langsa
Petugas Bea Cukai dan Polairud hendak berangkat patroli menggunakan speed boat. Foto : For AJNN.

LANGSA - Bea Cukai Kuala Langsa bekerjasa sama dengan Polairud Polres setempat melakukan penyisiran di perairan Langsa menggunakan speed boat, Selasa (27/10).

Penyisiran itu dilakukan sebagai wujud implementasi dari tugas dan fungsi utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

"Salah satu tugas dan fungsi utama Bea dan Cukai adalah community protector yaitu memberikan perlindungan kepada masyarakat dari barang-barang yang dilarang masuk (ilegal)," kata kasi KIP KPPBC TMP C Kuala Langsa, Iwan Kurniawan.

Iwan menyebutkan, banyak barang yang masuk secara ilegal dapat mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan bagi manusia. Sebab, barang ilegal itu tidak teruji kebersihan dan keamanan bagi kesehatan.

"Karenanya, penyisiran atau patroli gabungan dilaksanakan untuk memberantas penyelundupan narkoba dan barang-barang ilegal yang masuk dari jalur laut ke wilayah hukum KPPBC TMP C Kuala Langsa," ujarnya.

Selain itu, kata Iwan, patroli laut juga dilakukan sebagai tindak lanjut perjanjian Bea Cukai dengan Baharkam Polri untuk peningkatan sinergi tugas di lapangan. 

Menurut Iwan, patroli laut yang dilaksanakan pihak Bea Cukai tetap mengedepankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19. 

Iwan berharap, kegiatan patroli bersama itu dapat meningkatkan sinergitas antara personil Bea Cukai Kuala Langsa bersama Polairud, dalam giat penegakan hukum di perairan Langsa.

Komentar

Loading...