Unduh Aplikasi

Cegah Abrasi Semakin Parah, Warga Gotong Royong Bangun Tanggul Karung Pasir

Cegah Abrasi Semakin Parah, Warga Gotong Royong Bangun Tanggul Karung Pasir
Anak-anak di desa itu terlihat membantu mamasukkan pasir didalam karung sebelum diletakkan di bibir pantai yang masih utuh atau belum terkikis abrasi. Foto: Ist

ACEH BARAT - Warg Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat gotong royong membuat tanggul darurat dari karung pasir untuk mencegah terjadinya abrasi bibir pantai yang makin parah, sejak pasang purnama melanda desa itu selama sepekan terakhir.

Gotong royong yang dilakukan warga desa setempat yang dilakukan secara sukarela demi menyelamatkan pemukiman dan rumah mereka yang terancam hancur dihantam gelombang pasang yang menyebabkan banjir rob tersebut.

Kepal Desa Pasir, Indra Gunawan, mengatakan aksi gotong royong yang dilakukan warga itu mulai dilakukan sejak Kamis (21/5) pagi dengan cara membuat tanggul darurat dengan menggunakan karung pasir.

“Kami mencoba menanganinya secara darurat untuk mencegah abrasi semakin parah. Untuk anggaran kami menggunakan anggaran darurat bencana yang dialokasikan dalam APBG (Anggaran Pendapatan Belanja Gampong-red),” kata Kepala Desa Pasir Indra Gunawan.

Baca: Tangani Darurat Pasang Purnama, Dinas PUPR Lebarkan Parit di Bibir Pantai

Dikatakan Indra pemerintah desa setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8 juta untuk kegiatan darurat, namun dalam penanganan abrasi pantai tersebut pihaknya telah merealiasikan anggaran sebesar Rp 4 juta rupiah untuk membeli karung pasir dan kebutuhan lainnya.

Sedangkan untuk upah kerja, kata dia, warga desa yang bergotong royong tersebut tidak dibayarkan, lantaran bukan kegiatan padat karya.

“Untuk warga kami tidak bayar, dan ini murni gotong royong, paling nanti kami coba upayakan untuk biaya buka puasa, karena mereka gotong royong sehari penuh hingga meninggalkan pekerjaan mereka,” sebut Indra.

Gotong royong pembangungan karung pasir tersebut tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun sejumlah anak-anak di desa itu juga terlihat semangat untuk membantu dalam membuat karung pasir.

Komentar

Loading...