Unduh Aplikasi

Cawabup Pijay Nomor Urut 4 Tak Bisa Gunakan Hak Suara

Cawabup Pijay Nomor Urut 4 Tak Bisa Gunakan Hak Suara
Anwar Ishak

PIDIE JAYA - Calon Wakil Bupati Pidie Jaya nomor urut 4, Anwar Ishak dipastikan tidak dapat mengunakan hak suaranya pada Pilkada Pidie Jaya 2018. Pasalnya, Anwar Ishak tidak memilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pidie Jaya.

"Peraturannya kan jelas, jika tidak memiliki KTP Pidie Jaya tidak dapat mengunakan hak suara," kata Kasubag Program dan Data Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Masykur kepada wartawan, Rabu (27/6).

Kendatipun tidak memiliki KTP Pidie Jaya, minimal pemilih mempunyai surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten setempat.

"Jika tidak memiliki KTP, Pemilih harus memiliki suket dari Disdukcapil. Dan pemilih yang mengunakan suket memilih setelah pukul 13.00," jelas Masykur.

Sebelumnya diberitakan, pendamping Sop Kreh Kroh yakni Anwar Ishak mengunakan hak suarannya di TPS Gampong Mesjid, Kecamatan Panteraja. Namun, hingga saat ini Anwar Ishak belum dapat mengunakan hak suaranya karena terjanggal administrasi.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dikonfirmasi wartawan mengatakan,untuk mengeluarkan surat keterangan pemilih harus melakukan perekam KTP Elektronik.

"Untuk pembuatan surat keterangan supaya bisa memilih, masyarakat harus rekam E KTP, otomatis mereka harus berdomisili di Kab. Pidie Jaya," jelasnya.

Bila yang di KTP yang bersangkutan berdomisili di luar Pidie Jaya, mereka harus pindah alamat domisili terlebih dahulu.

Komentar

Loading...