Unduh Aplikasi

Cara DPMPTSP Ciptakan SDM Andal dan Teladan

Cara DPMPTSP Ciptakan SDM Andal dan Teladan
Foto: Ist

BANDA ACEH - Guna untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan teladan di bidang perizinan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memberikan peluang diklat kepada setiap pegawai yang ada di kantor dinas perizinan.

Mengingat, kalau karyawan merupakan sebuah asset yang sangat berharga dan juga dianggap tulang punggung sebuah organisasi ataupun di dinas tertentu. Selain itu, masing-masing karyawan juga memiliki peranan tersendiri dalam hal berkontribusi terhadap keberhasilan dan kegalagalan suatu intansi.

“Untuk menciptakan SDM yang andal dan teladan, kami memberikan diklat-diklat kepada pegawai yang ada diperizinan itu,” kata Sekretaris DPMPTSP, Zulkarnaini kepada AJNN, Jumat (11/10).

Sambung Zulkarnaini, diklat yang diberikan kepada pegawai tersebut sesuai dengan subtansi pelayanannya masing-masing. Dan menurutnya sejauh ini, ketika ada pemanggilan diklat dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga kementerian terkait dengan teknis, akan tetap mengalokasikan anggaran untuk memberikan pembekalan terhadap pegawai.

“Kami tetap mengalokasikan dana dalam hal peningkatan kualitas mutu, dan sumberdaya manusia yang ditugaskan ke pelayanan perizinan,” jelasnya.

Tambahnya lagi, untuk anggaran yang dikeluarkan biasanya kontribusi tergantung pada jam pelajaran dan hal itu akan disesuaikan. Karena semua itu ada standar belanja untuk pegawai serta sesuai dengan ketentuan besaran SDM yang diikut sertakan dengan aturan tertentu.

"Kami juga tidak bias memastikan jumlah real anggaran yang dikeluarkan disetiap pelaksanaan kegiatan tersebut," ujarnya.

Terkait adanya kendala, pihaknya mengaku sejauh ini belum ada kendala dan berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan kebutuhan subtansi serta kelembagaan yang ada. Sehingga untuk kendala yang signifikan ataupun lainnya belum ada.

“Kami selaku penyelenggara dan pelaksana, terus berharap agar pemerintah khususnya Pemerintah Aceh untuk selalu memperhatikan kualitas mutu Aparatur Sipil Negara (ASN) di provinsi, dan setiap kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM secara berkesinambungan dan tak pernah terputus," ujarnya.

Karena, menurutnya setiap manfaat yang dirasakan, baik untuk masyarakat maupun terhadap intansi itu sendiri akan lebih baik, dengan adanya kemudahan dalam pelayanan serta memberikan efek yang sangat efesien.

Menurutnya lagi, salah satu modal agar dapat meningkatkan kwalitas pelayanan yang bagus dan proma terhadap masyarakat, khususnya dalam mewujudkan One Stop Service (OSS). Maka SDM yang ditugaskan selaku pelaksana di bidang perizinan harus benar-benar andal. Selain itu, juga harus mempunyai prosuktifitas serta kemampuan dalam memberikan pelayanan.

“Untuk langkah-langkah lain sejauh ini belum kami lakukan, hanya saja dengan memberikan diklat yang diselenggarakan beberapa hari sesuai dengan jam pelajarannya,” jelasnya.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh karyawan atau SDM yang ada, agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Selain itu, keteladanan dalam bekerja juga harus diutamankan, sehingga mampu memberikan kinerja yang baik dalam intansi tersebut," jelasnya.

Komentar

Loading...