Unduh Aplikasi

Camat Johan Pahlawan Ajak Warga Berkebun Sayur di Lahan Kosong Tengah Kota

Camat Johan Pahlawan Ajak Warga Berkebun Sayur di Lahan Kosong Tengah Kota
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Camat Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Said Azmi, mengimbau masyarakat memanfaatkan lahan kosong di tengah Kota Meulaboh untuk ditanami sayuran

Imbauan itu disampaikan Said Azmi, guna mencegah lahan kosong yang belum dimanfaatkan pemiliknya sehingga mejadi semak belukar yang dapat menimbulkan berbagai persoalan lingkungan.

Menurut Said, selain dapat menimbulkan penyakit seperti menjadi lokasi berkembangnya wabah nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan demam berdarah dengue (DBD) dan penyakit lainnya, juga menimbulkan suasana lingkungan yang buruk apalagi jika lahan yang ditumbuhi semak belukar berada di tengah kota.

"Nanti kita coba bicarakan dengan kepala desa di Johan Pahlawan bagaimana memanfaatkan lahan kosong itu menjadi lokasi perkebunan sayur dan tentunya bisa menjadi pundi rupiah selain sehat," kata Said Azmi.

Menurut Said, pemanfaatan lahan kosong dengan cara dikelola oleh desa atau warga secara personal dapat dilakukan dengan meminta kepada pemilik tanah untuk meminjakan lahan selama belum dipakai.

Dikatakannya dengan pendekatakan yang dilakukan pemerintah desa kepada pemilik lahan kosong di tengah kota Meulaboh lebih efektif, sebab pemerimtah desa lebih tahu pemilik tanah dan lebih faham dalam melakukan pendekatan.

"Nanti kesepakatannya tergantung. Jika dilakukan pemerintah desa bagaimana tekhnis yang diatur. Dan jika ada warga yang bukan pemilik lahan yang ingin memanfaatkan lahan kosong, bisa juga pemerintah desa yang fasilitasi untuk pemanfaatan lahan tersebut," ucapnya.

Dengan disulapnya lahan kosong menjadi kebun sementara dapat mempercantik dan menjadikan lingkungan kota Meulaboh menjadi asri juga bisa mengajak masyarakat untuk sehat dengan mengkonsumsi sayur-sayuran serta harga sayur menjadi stabil.

Jika ini dilakukan, kata dia, maka nantinya mereka yang ingin berkebun bekerjasama dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dalam mengelola tanaman sayur yang baik dan sehat, serta ramah lingkungan.

"Jadi UTU nanti bisa mengutus mahasiswa yang sedang praktikum juga untuk mengajarkan warga membangun kebun sehat. Dan bisa jadi pusat pendidikan juga bagi warga yang ingib belajar. Apalagi UTU kan memiliki semboyan agro marine industri," sebutnya.

Menariknya lagi, kata Said, jika ide ini nantinya berjalan maka Meulaboh bisa menjadi pusat wisata perkebunan sayur, serta menjadi contoh dalam mengembangkan tanaman pangan.

Komentar

Loading...