Unduh Aplikasi

Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tamiang Sosialisasi PKG, Dupak dan Prestasi Kerja Guru

Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tamiang Sosialisasi PKG, Dupak dan Prestasi Kerja Guru
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Bakhtiar (kiri) didampingi tiga pengawas sedang menyampaikan materi kepada peserta. Foto : For AJNN.

ACEH TAMIANG - Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar acara sosialisai Penilaian Kinerja Guru (PKG), Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan Nilai Prestasi Kerja (SKP dan Perilaku Kerja ASN) kepada Kepala Sekolah dan guru SMA/SMK/SLB dalam wilayah kerjanya, Kamis (15/10) di aula SMKN 2 Karang Baru.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Bakhtiar kepada AJNN, Jum'at (16/10) mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kinerja bagi kepala sekolah dan guru yang diberikan tugas tambahan oleh kepala sekolah sebagai Tim penilaian kinerja guru. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 54 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru SMA/SMK/SLB Aceh Tamiang.

"PKG, DUPAK, dan Prestasi Kerja adalah suatu penilaian tahunan terhadap Guru yang saling berkaitan. Penilaian prestasi kerja yang terdiri dari Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja tidak dapat dilakukan oleh atasan langsung apabila seorang guru tidak menyusun DUPAK (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit)," kata Bakhtiar.

Sambungnya, begitu juga dengan DUPAK, guru tidak dapat menyusun DUPAK tahunannya sebelum memiliki hasil dari Penilaian Kinerja Guru (PGK) dari tim penilainya. 

"Jadi jelas ketiga penilaian tersebut saling berkaitan yaitu harus ada PKG-DUPAK-Prestasi Kerja (SKP dan Perilaku Kerja)," ujarnya.

Untuk lebih terarah dan tepat sasaran dalam sosialisasi itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Bakhtiar, melibatkan unsur pengawas SMA/SMK Aceh Tamiang yaitu Yuniar, Maimun, dan Sarwan, untuk menyampaiakan materi tentang PKG dan PKB.

Kemudian tim penilai Angka Kredit guru SMA/SMK/SLB Aceh Tamiang dilakukan oleh Israyati, dan Agusriadi, sebagai pemateri DUPAK. 

"Sedangkan untuk materi Penilaian Prestasi Kerja (SKP dan Perilaku Kerja) saya sampaikan langsung selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang," ungkap Bakhtiar.

Komentar

Loading...