Unduh Aplikasi

Bupati Syarkawi: Pembentukan Provinsi ALA Merupakan Keniscayaan

Bupati Syarkawi: Pembentukan Provinsi ALA Merupakan Keniscayaan
Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi. Foto: AJNN/Fauzul Husni

BENER MERIAH - Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menyatakan dukungan pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA). 

Menurut Sarkawi, pembentukan provinsi ALA merupakan keniscayaan sejarah, sehingga dirinya sebagai pribadi dan kepala daerah sangat komitmen dalam memperjuangkan pembentukan provinsi ALA.

"Saat ini kita bisa berbagi peran dalam memperjuangkan provinsi ALA. Sehingga bisa diterima luas oleh masyarakat di wilayah ini," ujar Sarkawi saat menerima kunjungan silaturahmi CEO AJNN, Akhiruddin Mahjuddin, Senin (21/9/2020)  di ruang kerja.

Pria yang akrab dipanggil Abuya tersebut mengingatkan rencana pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran Provinsi Papua menjadi lima provinsi menjadi momentum tepat untuk pembentukan ALA. 

Ia melihat bahwa pemerintah pusat sudah membuka kembali kran pemekaran provinsi di Indonesia.

Sarkawi juga mengatakan pihak yang berjuang saat ini bisa saja memasukkan sebuah rumusan yang memungkinkan ALA tetap satu bingkai dalam lembaga Wali Nanggroe Aceh. Hal ini untuk menjaga kekhususan Aceh. 

Sarkawi mencontohkan Provinsi Papua dan Papua Barat. Walaupun ada dua provinsi disana, Majelis Rakyat Papua (MRP) masih tetap ada dan punya peran penting dalam memberikan saran kepada kedua provinsi tersebut.

Baca: Terkait Pembentukan Provinsi ALA, Amru Temui Sejumlah Bupati untuk Minta Dukungan

"Dengan kawalan Wali Nanggroe, identitas Aceh tidak akan hilang, karena secara historis Aceh dan Gayo punya akar sejarah yang sama," ujar Sarkawi.

Dia juga meminta semua pihak untuk tidak menduga - duga atau berpikir negatif terkait pembentukan Provinsi ALA. Pembentukan provinsi ini merupakan sebagai langkah maju untuk menyamaratakan pembangunan di wilayah tengah Aceh dan sekitarnya.

"Anggap saja wacana pembentukan Provinsi ALA sebagai upaya percepatan pembangunan, sehingga semuanya menjadi lebih bermartabat," ujar Sarkawi.

Dalam perjalanannya memang ada pihak yang berusaha mematahkan pembentukan Provinsi ALA, pihak yang tidak senang dengan wacana pemekaran provinsi tersebut mengatakan kalau isu ALA dimainkan oleh orang-orang yang gagal. 

Sarkawi mengatakan keyakinannya bahwa kalau ditanya kepada semua masyarakat Gayo dan sekitarnya, terlihat bahwa keinginan itu sudah lama ada. Menurut Sarkawi pembentukan Provinsi ALA merupakan keinginan kolektif masyarakat, dirinya meminta keinginan kolektif masyarakat ini tidak dipatahkan dengan bahasa praduga negatif.

Pertemuan Sarkawi dengan CEO AJNN, Akhiruddin Mahjuddin berlangsung selama satu jam lebih. Dalam pertemuan tersebut Akhiruddin didampingi Redaktur Pelaksana AJNN.net, Fauzul Husni dan Redaktur Pelaksana RMolAceh.id.

Komentar

Loading...