Unduh Aplikasi

Bupati Nilai Penetapan Aceh Jaya sebagai Zona Merah Covid-19 Belum Tepat

Bupati Nilai Penetapan Aceh Jaya sebagai Zona Merah Covid-19 Belum Tepat
Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB saat memberikan keterangan kepada awak media usai acara Coffee Morning di kantor KIP Aceh Jaya. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menilai penetapan Kabupaten Aceh Jaya sebagai zona merah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) belum tepat.

Hal tersebut dikatakan Irfan TB menyusul wilayah Aceh Jaya ditetapkan sebagai salah satu kabupaten dari 29 kabupaten/kota yang mengalami perubahan status wilayah pandemi di Indonesia, yakni dari zona orange menjadi zona merah Covid-19.

"Kalau menurut kami ini belum tepat, namun kami juga akan minta laporan nantinya dari Tim Gugus Tugas Aceh Jaya untuk kami pelajari kembali indikator apa yang digunakan sehingga Aceh Jaya ditetapkan sebagai zona merah Covid-19," kata Irfan TB kepada sejumlah awak media, Kamis (10/9).

Namum demikian, pihaknya tidak mempersoalkan hal tersebut, tapi yang terpenting saat ini adalah bagaimana masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas.

"Kami tidak mempersoalkan itu, namun yang terpenting bagi kami saat ini adalah imbauan kepada masyarakat agar selalu menjaga protokol kesehatan," kata Irfan TB.

Baca: Kasus Covid-19 Meningkat, Aceh Jaya Masuk Zona Merah

Sementara itu, pihaknya juga akan mengevalusi kembali tingkat indikator suatu daerah hingga di tetapkan zona merah Covid-19. Pasalnya, sebagaimana data yang diterima, Aceh Jaya hingga hari ini masih sembilan kasus Covid-19.

Namun, jika memang indikator itu nanti Aceh Jaya berada di kategori zona merah, maka pihaknya menegaskan akan lebih lagi bekerja keras untuk menekan dan mempersempit ruang penyebaran wabah Covid-19 di Aceh Jaya.

"Jika memang nantinya kami berada di zona merah, maka kami bersama tim gugus tugas dan pihak forkopimda akan lebih bekerja keras lagi untuk menekan angka peningkatan kasus Covid-19 di Aceh Jaya," tegasnya.

Sehingga, status zona merah nantinya bisa turun ke zona orange bahkan diharapkan bisa ke zona hijau. Dan jika memang nantinya Aceh Jaya belum memenuhi indikator sebagai zona merah, pihalnya akan minta klarifikasi lagi dari Jubir Gugus Tugas pusat maupun provinsi nantinya.

Komentar

Loading...