Unduh Aplikasi

Bupati Nagan Raya Ancam Penambang Ilegal

Bupati Nagan Raya Ancam Penambang Ilegal
Bupati Nagan Raya T Zulkarnaini
NAGAN RAYA - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya akan memaksa sejumlah alat berat yang terus beroperasi di areal tambang ilegal. Bupati Teuku Zulkarnaini mengatakan akan melakukan upaya paksa itu untuk mencegah kerusakan lingkungan lebih masif di Kecamatan Beutong dan Seunagan Timur.

“Kalau memang tidak diindahkan, ya kita lakukan upaya hukum. Alat berat itu akan kita turunkan paksa,” kata Zulkarnaini di sela-sela rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, di Nagan Raya, Kamis (17/3).

Menurut Zulkarnaini, tindakan ini dilakukan terkait beroperasinya ratusan alat berat berupa eskavator menambang di hutan Nagan Raya. Tambang-tambang itu dikelola oleh perusahaan dan masyarakat dan tidak mengantongi izin.

Di lain pihak, Zulkarnaini mengajak pengusaha pemilik izin pertambangan melakukan eksplorasi dan eksplorasi dengan cara benar, sesuai aturan.

“Kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengurus perizinan. Mereka boleh menambang di wilayah yang ditentukan,” kata Zulkarnaini.

Zulkarnaini juga mengimbau semua aktifitas dihentikan sementara oleh penambang untuk selama pemerintah melakukan pendataan. Kepala Polres Nagan Raya AKBP Agus Andrianto mengatakan pihaknya akan bekerja setelah keputusan bersama dijalankan oleh semua unsur.

“Ini bukan kebijakan saya. Semua unsur masuk dalam kebijakan itu. Tim terpadu. Tim itulah yang akan menyelesaikan persoalan tambang ilegal,” kata Agus.

Terkait kesiapan pihak kepolisian dalam menangani khasus tersebut, kapolres kembali mengatakan tidak ada kebijakan dan menegaskan perihal tersebut diputuskan oleh Forum.

Sedangkan Komandan Kodim 0116 Nagan Raya Letkol Arm Erland Hendriatna menegaskan pihaknya akan mendukung pemerintah dalam memberantas dan menghentikan tambang liar tersebut baik personil maupun fasilitas .

“Sesuai Undang – Undang Nomor 34 tentang TNI, kami siap membantu kepolisian dan pemerintah daerah,” ujar Erland.

Komentar

Loading...