Unduh Aplikasi

Penganiayaan Siswa

Bupati: Kekerasan Terhadap Siswa, Potret Buruk Dunia Pendidikan

ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat, Aladinsyah mengatakan kekerasan terhadap siswa di Meulaboh, merupakan potret buruk dunia pendidikan. Ia menilai, kekerasan terjadi akibat adanya pola pikir yang salah dari siswa tentang istilah senioritas, sehingga mereka merasa me22miliki hak melakukan penganiayaan terhadap junior.

"Peristiwa seperti ini memang kerap terjadi disekolah yang adanya asramanya. Ada peraturan yang tidak tertulis sengaja dibuat sendiri entah darimana datangnya," kata Bupati, Alaidinsyah kepada wartawan, usai kegiatan upacara sumpah pemuda yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati Aceh Barat, Rabu (28/10).

Alaidinyah menjelaskan, kasus itu bisa terjadi, karena longgarnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Untuk itu, sudah saatnya sekolah melakukan pengawasan 24 jam. Dinas Pendidikan juga memiliki tanggung jawab penuh atas pengawasan pendidikan di Kabupaten Aceh Barat.

"Saya sangat menyesalkan adanya peristiwa tersebut. Apalagi kasus kekerasan bukan cuma terjadi satu kali, tapi sudah pernah terjadi ditahun 2013 lalu," jelasnya

Pemerintah Aceh Barat, kata Alaindinsyah, akan melakukan evaluasi, sehingga peristiwa yang kerap terjadi itu tidak terulang lagi dimasa yang akan datang.

"Kalau terulang lagi, saya juga tidak bisa bilang apa-apa. Disatu sisi, sebenarnya saya ingin siswa yang bandel tinggal dikeluarkan saja. Tapi itu tidak mungkin, karena mereka juga generasi muda yang butuh pendidikan," imbuhnya.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...