Unduh Aplikasi

Bupati Harap Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh- Sinabang Dapat Beroperasi 17 Agustus

Bupati Harap Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh- Sinabang Dapat Beroperasi 17 Agustus
ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat, Teuku Alaidinsyah, berharap pengoperasian pelabuhan penyeberangan Kuala Bubon di Kecamatan Samatiga- Sinabang dimulai pada tanggal 17 Agustus 2016, sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 71.

“Kita berharap gubernur dapat mengeluarkan SK (Surat Keputusan) pengoperasian pada tanggal 17 Agustus ini bertepatan dengan hari kemerdekaan sebagai kado bagi kita,” kata Haji Tito—sapaan akrab Teuku Alaidinsyah.

Bupati sendiri menyambut positif atas pengoperasian pelabuhan tersebut, karena menurutnya dengan dioperasikannya pelabuhan tersebut maka akan memudahkan warga Aceh Barat menuju ke Kabupaten Simeulue atau sebaliknya.

Selain itu, kata dia, beroperasinya pelabuhan itu juga akan memberikan peluang bagi masyarakat Aceh Barat terutama yang berdomisili di Kecamatan Samatiga untuk dimanfaatkan sebagai central perekonomian baru.

“Tentunya kita sambut positif, karena dengan adanya pelabuhan ini nantinya warga di sini bisa jual jagung, kacang rebus dan lainnya. Dengan demikiankan dapat membuka lapangan kerja,” kata dia.

Berfungsinya pelabuhan yang menelan anggaran 83,5 miliar itu nantinya, kata dia, juga akan memudahkan masyarakat setempat yang ingin mengangkut komoditi mereka kepulau Simeulue, juga bagi masyarakat Simeulue tanpa harus melalui pelabuhan penyebrangan Labuhan Haji, Aceh Selatan seperti selama ini.

Haji Tito juga optimis penumpang dari Meulaboh ke Simeulue maupun sebaliknya akan lebih ramai di pelabuhan itu dari pada pelabuhan penyeberangan Labuhan Haji- Sinabang, mengingat rata- rata warga Simeulue banyak berdomisili di Aceh Barat dan juga mengunjungi kabupaten itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perbuhungan dan Telekomunikasi (Dishubtel) Aceh Barat, Saiful AB, mengatakan untuk kelancaran operasional pelabuhan nantinya, Dinas setempat akan meyediakan angkutan lanjutan berupa Damri yang kebutuhannya akan disesuaikan dengan jumlah penumpang.

“Untuk tarif Damri nanti kita sesuaikan dengan kondisi yang ada. Tapi saya yakin dengan beroperasinya pelabuhan ini akan ada juga angkutan kota (angkot) yang beroperasi Meulaboh tujuan Kuala Bobon,” kata dia.

Komentar

Loading...