Unduh Aplikasi

Bupati Dukung Pembentukan Kota Madya Meulaboh

Bupati Dukung Pembentukan Kota Madya Meulaboh
Meulaboh
ACEH BARAT - Adanya wacana pembentukan Kota Madya Meulaboh mendapat dukungan penuh dari Bupati Aceh Barat, Alaidinsyah. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua tim Formatur Panitia Pembentukan Kota Madya Meulaboh, Mizar Wood.

Ia mengatakan, Bupati sangat mendukung adanya wacana pembentukan kota madya. Bahkan, bupati terus melakukan pemantauan terhadap wacana tersebut.

"Bupati selalu memberikan motivasi kepada kita agar segera membentuk tim pemekaran Kodya Meulaboh dan bisa segera bekerja," kata Minzar Wood disela-sela pembentukan tim formatur Pembentukan panitia Pemekaran Kota Madya Meulaboh, yang berlangsung di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Minggu (25/10).

Ia menambahkan, wacana untuk pemekaran Kodya Meulaboh dari Aceh Barat itu juga menjadi kebutuhan mendesak demi mewujudkan pemerataan pembangunan untuk wilayah barat Aceh.

Ia sangat optimis dengan terbentuknya Meulaboh sebagai kota madya, maka Meulaboh akan semakin kuat dalam memimpin wilayah Barat Selatan Aceh sebagai pusat perdagangan dan jasa.

"Kita lihat sekarang, pasca tsunami, Meulaboh semakin berkembang dan sudah menjadi pusat perdagangan dan jasa bagi wilayah Barat Selatan Aceh," jelasnya

Meski demikian, pihaknya tidak ingin ceroboh dalam pembagian kawasan atau wilayah administratif antara Kota Madya Meulaboh dengan Kabupaten Aceh Barat.

"Pertimbangan yang diambil, bagaimana kedua wilayah tersebut bisa memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang seimbang," ujarnya

Apabila itu tidak dilakukan, kata Minzar, maka dikwatirkan Aceh Barat akan menjadi miskin atau tidak memiliki PAD yang sesuai.

"Kita lihat nanti efektifitasnya, jangan sampai Aceh Barat semakin kecil dan miskin. Terutama seperti kawasan pertambangan," ungkap Minzar Wood.

Sementara itu, tokoh Aceh Barat yang selama ini berdomisili di Banda Aceh, Zainal Sabri, mengatakan, dukungan pembentukan Kodya Meulaboh sudah sangat kuat. Bahkan, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah sedang menungggu rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten dan DPRK Aceh Barat untuk pembentukan kodya.

Mantan Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Nagan Raya itu juga berharap, tim yang sudah terbentuk nantinya bisa bekerja cepat dalam memenuhi tahapan pembentukan kota Madya Meulaboh.

"Tim yang bekerja ini harus memiliki keikhlasan, bukan atas dasar kepentingan, sehingga apa yang dicita-citakan bisa terwujud dalam waktu dekat. Kita berharap mulai bisa bekerja pada Oktober ini, kalau bisa April 2016 Kodya Meulaboh sudah terwujud," harapanya

Dalam pertemuan pembentukan tim formatur tersebut, Minzar Wood terpilih sebagai Ketua Formatur dan Meurah Ali sebagai Wakil Ketua.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...