Unduh Aplikasi

Bupati Agara Datangi Lokasi Pencari Emas di Sungai Lawe Alas

Bupati Agara Datangi Lokasi Pencari Emas di Sungai Lawe Alas
Raidin Pinim saat berdialog dengan pencari emas tradisional di sungai Lawe Alas. Foto: AJNN/Riki.

ACEH TENGGARA - Pencarian Emas di Sungai Lawe Alas oleh warga Aceh Tenggara dalam dalam beberapa hari terakhir membuat Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim turun langsung untuk melihat proses pencarian butiran emas di lokasi yang terletak di dua Darul Hasanah dan Kecamatan Ketambe.

Saat Bupati dan Wakil Bupati Bukhari tiba di lokasi, Rabu (6/1/2020) terlihat aktivitas di pinggir sungai Alas sangat ramai oleh warga banyak yang berbondong datang mencari butiran emas.

Raidin Pinim dan Bukhari menyaksikan langsung aktivitas yang dilakukan warga di tempat pencarian butiran emas tersebut. Bupati dan rombongan juga mencoba alat pencarian emas dengan cara manual dari ayakan sederhana yang digunakan warga dalam mencari emas, pada .

Pada kesempatan yang sama, Raidin, meminta warga yang melakukan aktivitas pencarian emas di sungai Lawe Alas agar patuh akan aturan yang sudah di buat.

"Saya minta saudara - saudara semua untuk tidak menggunakan air raksa, alat berat eskavator dan alat lainnya yang dapat menggangu Ekosistem lingkungan serta ketentraman masyarakat," ujar Bupati Raidin Pinim.

“Tidak ada yang boleh menggunakan alat-alat di luar alat tradisional, bila ada yang melanggar, maka kami akan memblokir tempat pencarian emas ini. Karena bila hal tersebut digunakan. Akan membahayakan ekosistem lingkunga sekitar sungai,” sambungnya.

Lebih lanjut Raidin juga menghimbau para pencari emas supaya tidak mencari dan mengais di bawah jembatan dikhawatirkannya dapat merusak jembatan, bila pencarian sesuai  dengan aturan yang ditentukan, maka untuk sementara ini tidak ada larangan untuk mencari emas.

Berdasarkan pantauan AJNN di lokasi. Warga sangat antusias atas kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Agara ke tempat tersebut, bahkan seorang warga Riman (38) yang juga sebagai pencari emas disana mengatakan ia akan mencari emas dengan aturan yang sudah di sampaikan Bupati.

"Saya akan mematuhi saran Bupati, saya juga tak mau, karena kami mencari rezeki di sini berdampak buruk bagi orang lain," katanya.

RIKI

Komentar

Loading...