Unduh Aplikasi

Bupati Aceh Utara Instruksikan Gunakan Dana APBG untuk Cegah Corona

Bupati Aceh Utara Instruksikan Gunakan Dana APBG untuk Cegah Corona
Foto: Net

ACEH UTARA - Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, menyurati seluruh camat dalam kabupaten tersebut agar mengitruksikan kepala desa supaya menggunakan dana APBGampong untuk mencegah penyebarab Corona Virus Disease (COVID-19).

Hal itu dilakukan berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 dan penegasan Padat Karya Tunai, serta Surat Gubernur Aceh Nomor : 140/5323 tanggal 23 Maret 2020, dan diperkuat dengan Keputusan Bupati Aceh Utara Nomor : 360/184/2020 tanggal 18 Maret 2020 tentang Penetapan status keadaan tertentu bencana wabah penyakit akibat virus Covid-19 di Kabupaten Aceh Utara.

“Sehubungan hal tersebut diperlukan upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) melalui pembentukan Gampong Siaga Covid-19, sebagai gerakan masif masyarakat dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19,” kata Bupati melalui Kabag Humas Andree Prayuda kepada AJNN, Sabtu (28/3).

Dikatakannya, gerakan massif yang dilakukan berupa melalui sosialisasi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), pembentukan Satgas Siaga Covid-19 Tingkat Gampong, sterilisasi fasilitas umum dan sterilisasi fasilitas sosial.

“Mengingat pelaksanaan kegiatan pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19) harus sesegera mungkin dilaksanakan di gampong-gampong dalam Kabupaten Aceh Utara, maka dimintakan kepada camat agar mengintruksikan kepada setiap keuchik untuk segera membentuk gampong siaga Covid-19 dan mengambil langkah-langkah kebijakan dalam hal pendanaan dengan mendahului APBGampong,” ujarnya.

Sambungnya, pengalokasian dana desa melalui APBGampong dilakukan dengan perubahan APBGampong bagi gampong-gampong yang telah menyelesaikan APBGampong dan telah mengajukan permohonan pencairan dana gampong tahap I.

Sedangkan bagi gampong yang sampai saat ini belum menyelesaikan penyusunan APBGampong agar dapat langsung mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19) dengan tetap memperhatikan persetujuan dari Tuha Puet Gampong.

“Maksimal dana APBGampong yang digunakan senilai Rp30 juta,” tuturnya.

Komentar

Loading...