Unduh Aplikasi

Bupati Aceh Tamiang: Perlu Pemerataan Guru

Bupati Aceh Tamiang: Perlu Pemerataan Guru
D
ACEH TAMIANG – Kabupaten Aceh Tamiang kekurangan guru kelas (PNS) jenjang SD sebanyak 420 orang, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dibutuh sebanyak 47 orang guru dan guru Penjas sebanyak 122 orang. Bila dilihat penyebaran guru pada tingkat SD di Aceh Tamiang belum merata.

Masih ada 12 SD kelebihan guru kelas sedangkan 131 SD kekurangan guru kelas. Hal tersebut disampaikan oleh Tim Analisis Penataan dan Pemerataan Guru Kabupaten Aceh Tamiang dihadapan Bupati Aceh Tamiang, H Hamdan Sati ST dan stakeholder pendidikan saat Konsultasi Publik Pemetaan dan Pemerataan Guru hari ini (4/3) di Aula Bupati Aceh Tamiang. Bupati menyatakan akan segera menindaklanjuti hasil tersebut.

”Pemerataan Guru di Aceh Tamiang terutama pada jenjang pendidikan dasar perlu ditindaklanjuti dalam upaya meningkatkan layanan pendidikan yang adil dan merata” tegas Hamdan Sati.

“Untuk terwujudnya program tersebut sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak dalam rangka implementasi peraturan bersama lima menteri tentang Pemerataan Guru,” lanjut bupati yang akan mengeluarkan peraturan sebagai pendukung kebijakan.

Sementara itu untuk jenjang SMP kekurangan guru mapel (PNS) sebanyak 164 orang yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, matematika, IPS, seni budaya, penjas, TIK, mulok, dan bimbingan konseling dengan jumlah yang bervariasi.

Berkaitan dengan pemenuhan kewajiban guru PNS untuk memenuhi jam wajib mengajar, dipastikan semua guru di sekolah yang mengalami kelebihan guru akan kekurangan jam. Konsekuensinya akan ditunda pembayaran tunjangan sertifikasi (bagi guru yang telah sertifikasi).

“Oleh karena itu bagi sekolah-sekolah yang kelebihan guru sudah seharusnya dilakukan re-distribusi ke sekolah-sekolah yang masih kekurangan guru,” kata Dr Muhibbuddin ahli tata kelola dan manajemen pendidikan.

Kegiatan yang difasilitasi oleh USAID PRIORITAS tersebut turut dihadiri oleh Asisten 2 Bupati, kepala dinas pendidikan, kepala kantor kemenag, BPKP dan unsur lainnya termasuk kepala sekolah dan guru.

Tim tersebut merekomendasikan pemerataan guru kelas untuk tingkat SD melalui mutasi guru dari sekolah kelebihan guru kelas ke sekolah kekurangan guru kelas, rekrutmen/Pengangkatan guru kelas baru Sesuai Kebutuhan.

Pemerataan guru PAI untuk tingkat SD melalui mutasi guru dari sekolah kelebihan guru ke sekolah kekurangan guru, rekrutmen/Pengangkatan guru PAI baru Sesuai Kebutuhan, pemerataan guru Penjas untuk tingkat SD melalui mutasi guru dari sekolah kelebihan guru Penjas ke sekolah kekurangan guru Penjas.

Rekrutmen/Pengangkatan guru Penjas baru Sesuai Kebutuhan, pemerataan guru MAPEL (terutama guru PAI, PKn, dan IPA) untuk tingkat SMP melalui mutasi guru dari sekolah kelebihan guru ke sekolah kekurangan guru, dan rekrutmen guru MAPEL baru (kecuali guru PAI, PKn, dan IPA) sesuai kebutuhan.

SP

 

Komentar

Loading...