Unduh Aplikasi

Bupati Aceh Jaya Salurkan Bantuan Aslureti, Anak Yatim dan Santri Dayah

Bupati Aceh Jaya Salurkan Bantuan Aslureti, Anak Yatim dan Santri Dayah
Bupati Aceh Jaya, Irfan TB sedang menyerahkan bantuan aslureti kepada para Lansia di Gampong Meudheun, Kecamatan Jaya. Foto: For AJNN

ACEH JAYA - Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB menyalurkan bantuan Asistensi Lanjut Usia Resiko Tinggi (Aslureti) tahap pertama untuk 2969 jiwa.

Selain batuan Aslureti, Pemkab Aceh Jaya juga menyalurkan bantuan untuk anak yatim piatu, zakat senif fakir dan miskin serta bantuan konsumsi santri dayah di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya yang dimulai dari Kecamatan Jaya, Selasa (14/4).

Dihadapan para penerima bantuan, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengungkapkan jika pada saat ini telah disalurkan bantuan aslureti kepada para lansia, penyaluran bantuan untuk anak yatim piatu, fakir miskin serta penyaluran bantuan bagi dayah dan pesantren berupa konsumsi untuk para santri.

“Sebagaimana kesepakatan kami, pada tahun ini bantuan aslureti tetap disalurkan kepada para lansia sebagaimana tahun – tahun sebelumnya,” ujar Irfan TB usai berlangsunya penyerahan bantuan secara simbolis di Desa Meudheun, Kecamatan Jaya.

Pada tahun 2020 ini, lanjut Irfan TB, pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengalokasikan dana bantuan aslureti sebesar Rp 7.3 miliar yang akan disalurkan kepada 2969 jiwa yang tersebar di sembila kecamatan.

"Untuk tahap pertama ini kami salurkan bantuan aslureti sebesar Rp 1.7 miliar untuk 2969 penerima dengan rincian sebesar Rp200 ribu per orang dan per bulan," ujar Irfan TB.

Sedangkan untuk tunjangan konsumsi santri dayah sebesar Rp 9.2 milair per tahun untuk 2578 santri penerima manfaat.

"Untuk triwulan pertama pemerintah menyalurkan sebesar Rp2.7 miliar bagi seluruh santri dayah dalam kabupaten Aceh Jaya," tambahnya.

Selain itu, Pemkab Aceh Jaya juga menyalurkan bantuan kepada 1000 anak yatim, masing-masing mendapat Rp500 ribu per jiwa, masyarakat fakir Rp 408 ribu dengan jumlah penerima 510 jiwa masing-masing mendapat Rp800 ribu per jiwa, sedangkan masyarakat miskin sebesar Rp. 2.3 miliar dengan penerima sebanyak 5.877 jiwa, masing masing mendapat Rp 400 ribu per jiwa

Namun, lanjutnya, bila nantinya ada para lansia yang tidak bisa berhadir saat penyaluran berlangsung, maka boleh diwakilkan oleh ahli waris dan disaksikan oleh aparatur desa setempat. Dengan demikian, bantuan tersebut akan tepat sasaran dan tersampaikan.

“Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan oleh orang tua kami, baik sebelum dan sedang menjalankan puasa di bulan ramadhan nantinya,” ujar Irfan.

Selanjutnya, tambah Irfan, penyaluran akan dilakukan oleh SKPK sesuai nota yang sudah disampaikan. Selepas kegiatan ini, akan dilakukan seperti biasanya.

Dalam kesempatan tersebut, Irfan TB juga menyampaikan kepada warga untuk terus menjaga kebersihan serta mematuhi himbauan yang telah dikeluarkan sebagai upaya pencegahan COVID-19 di Aceh Jaya.

“Aceh Jaya saat ini masih dalam kawasan zona hijau penyebaran wabah COVID-19, jangan sampai berubah menjadi merah hanya dikarenakan ketidakwaspaan kita dalam melakukan pencegahan. Oleh karenanya, kami terus melakukan upaya pencegahan dan warga juga perlu menaati himbauan yang telah dikeluarkan, Karena virus ini perlu kita lawan bersama,” pungkas Irfan.

Komentar

Loading...