Unduh Aplikasi

Bupati Aceh Barat Siap Lantik Keuchik yang Dipecat, Asal Ada Usulan Tuha Peut

Bupati Aceh Barat Siap Lantik Keuchik yang Dipecat, Asal Ada Usulan Tuha Peut
Bupati Aceh Barat, Ramli MS, saat sidak pasar. Foto: Ist

ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat Ramli MS, mengaku akan melantik kembali para keuchik yang sempat diberhentikan sebelumnya, asalkan diusul kembali oleh tuha peut masing-masing desa.

Ia mengungkapkan alasan memecat sejumlah keuchik bukan karena keinginanya, namun permintaan masyarakat desa beserta tuha peut, pasalnya selama menjabat, para keuchik tersebut telah melakukan penyimpangan terhadap dana desa.

"Itu menyangkut permintaan provinsi kepada saya untuk melantik kembali para keuchik yang di non aktifkan, itu pemecatan itukan diminta oleh rakyat, oleh tuha peut semua oleh organisasi, kemudian ketika ada surat itu kemarin dari MA (Mahkamah Agung), kami sudah surati camat untuk duduk bersama dengan tuha peut untuk mengusul kembali," kata Ramli MS, kepada wartawan disela-sela sidak pasar, Kamis (28/5).

Baca: Pemkab Aceh Barat Belum Terima Surat Plt Gubernur

Ramli menjelaskan alasan meminta agar tuha peut mengusulkan kembali para keuchik yang dipecat untuk dilantik kembali, karena tuha peut merupakan lembaga tertinggi ditingkat desa yang memiliki kewenangan atas pelantikan para keuchik.

"Hingga saat ini belum ada jawaban dari para tuha peut itu. Tapi menurut mereka ngomong-ngomong tidak menerima, karena para keuchik ini melanggar sumpah yaitu melakukan penyelewangan. Seharusnya adek-adek ini (wartawan) datang ke kepolisian, datang ke kejaksaan tanya berapa banyak uang negara, uang dareah itu kita selamatkan sudah miliaran itu," kata dia.

Menurut Ramli penyimpangan yang dilakukan tersebut dibuktikan dengan adanya pengembalian uang yang diduga dikorupsi oleh para keuchik yang dipecatnya itu, bahkan dibuktikan dengan kwitansi.

Komentar

Loading...