Unduh Aplikasi

Bulan Bintang Berkibar di Masjid Raya Selama 15 Menit  

Bulan Bintang Berkibar di Masjid Raya Selama 15 Menit  
Pengibaran Bendera Bulang Bintang di Halaman Masjid Raya Baiturrahman. Foto: AJNN/Syahriyal

BANDA ACEH - Sejumlah masa dari bekas kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Inong Balee mengibarkan bendera bulan bintang di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Pantauan AJNN di lokasi, pengibaran bulan bintang berlangsung selama lebih kurang 15 menit yang dikawal ketat oleh personel TNI dan Polri.

Salah satu Inong Balee, Ainol Mardiah mengatakan, aksi eks kombatan dan inong balee di Masjid Raya menuntut perjanjian MoU Helsinki antara GAM dan pemerintah pusat untuk segera diselsaikan

Sebab, sudah 16 tahun sudah berlangsung perdamaian Aceh tapi banyak butir-butir MoU tidak dituntaskan oleh pemerintah.

"Saya dari masa perperangan sampai masa perdamaian dan hingga kini akan terus menuntut penjanjian antara GAM dan RI, semenjak 15 Agustus 2005 banyak butir MoU belum diselesaiakan," kata Ainol Mardiah, kepada awak media, Jumat (4/12).

Selain itu, ia meminta agar anggota DPR RI maupun DPRA yang mereka perjuangkan untuk duduk di parlemen agar memperjuangkan hak-hak yang belum diberikan oleh pemerintah pusat.

Pasalnya, kata Ainol Mardiah, mereka yang diberiamanah di parlemen untuk memperjuangkan butir-butir perjanjian perdamaian dan menyampaikan aspirasi para eks kombatan di pemerintah pusat.

"Mereka kita dorong ke parlemen bukan untuk main-main tapi memperjuangkan hak yang sudah dijanjikan dan mengesahkan semua UUPA yang telah dituntut," tutupnya.

Komentar

Loading...