Unduh Aplikasi

Bukan Seleksi Setengah Hati

Bukan Seleksi Setengah Hati
Ilustrasi: stack

HINGGA hari ini, 10 Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) belum memiliki kepala satuan kerja definitif. Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Pemerintah Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan saat ini masih dilakukan proses pelelangan secara terbuka. 

Artinya, seluruh SKPA itu akan diisi oleh orang-orang yang melewati proses seleksi untuk duduk dan menjabat dalam jabatan yang mereka minati. Dan tentu publik berharap agar orang-orang yang tepatlah yang menduduki jabatan itu. 

Langkah membuka lelang ini adalah cara terbaik. Karena untuk menjalankan tugas sebagai seorag kepala SKPA, seorang aparatur sipil negara harus dapat menjalankan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan. 

Mereka yang menduduki jabatan ini harusnya pribadi yang memenuhi kualifikasi dan dipantau berdasarkan sistem merit atau perbandingan antara kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Sehingga didapatkan sosok yang dibutuhkan oleh jabatan itu memenuhi segala kualifikasi, kompetensi, dan etos kerja. 

Karena itu, proses seleksi, seperti yang dijanjikan oleh Sekretaris Daerah Aceh, harus dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Termasuk dalam memilih aparatur yang berperan dalam proses seleksi atau pengisian jabatan. Mereka yang terlibat harus orang-orang yang memiliki kemampuan sehingga hasil dari proses seleksi ini benar-benar memenuhi kebutuhan Pemerintah Aceh dalam melayani publik. 

Tak ada salahnya pula jika Pemerintah Aceh melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, sebagai mitra mereka, dalam seleksi ini. Apalagi DPR Aceh sangat berkepentingan dalam mengawasi penggunaan anggaran yang akan dikelola oleh kepala SKPA. 

Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Sosial Aceh, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh, Dinas Sumber Daya Air, Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) atau Unit Layanan Pengadaan (ULP), Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA), Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, memerlukan sosok yang tepat untuk memimpin. Jangan sampai seleksi jabatan hanya sekadar pemanis bibir, karena nama-nama kandidat sebenarnya telah ditentukan. 

Komentar

Loading...