Unduh Aplikasi

Buat Laporan Palsu Kehilangan Sepmor, Pria Langsa Ini Diringkus Polisi

Buat Laporan Palsu Kehilangan Sepmor, Pria Langsa Ini Diringkus Polisi
Kasat Reskrim Polres Langsa saat memberi keterangan pers kepada sejumlah wartawan di Polres Langsa. Foto : For AJNN.

LANGSA - SY (43) warga Gampong Pondok Kelapa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa nekat menipu polisi dengan membuat laporan bahwa sepeda motor miliknya hilang.

Pria itu membuat surat kehilangan di Polres Langsa pada 29 Juli 2020 seolah-olah kehilang sepeda motor. Padahal sepeda motornya yang masih kredit telah digadai.

Kapolres Langsa AKBP Giyarto melalui Kasat Reskrim Iptu Arief Sukmo Wibowo dalam konferensi pers, Senin (20/7) menyebutkan, tindak pidana memberikan keterangan palsu itu terjadi berawal saat SY pada 29 Juni 2020 datang ke Polres Langsa untuk melaporkan kejadian pencurian.

Namun laporan pelaku pada saat itu belum diterima dikarenakan masih kekurangan bukti. Agar laporan diterima pelaku diminta bukti kelengkapan surat pembayaran jredit bulan terakhir dan kunci sepeda motor harus ada dua.

Kemudian, kata Kasat, setelah pelaku melengkapi kelengkapan tersebut dan pada 1 Juli 2020 pelaku datang kembali ke Polres Langsa untuk melaporkan kejadian pencurian tersebut yang mana menurut keterangan pelaku bahwa pada Senin 29 Juni 2020 sekira pukul 06.00 WIB, pelaku meletakkan sepmor New Beat CW warna hitam BL 4277 FAD miliknya di depan teras rumah nya.

Pada saat pelaku masuk ke dalam rumah untuk berpakaian yang kemudian keluar untuk pergi kerja pelaku melihat sepmor tersebut telah hilang atau dicuri.

Setelah laporan tersebut diterima di SPKT Polres Langsa kemudian dilakukan penyelidikan oleh Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Langsa, berdasarkan olah TKP dan dari keterangan saksi-saksi yang kemudian diketahui bahwa sepmor milik SY bukan di curi melainkan telah digadaikan kapada orang lain seharga Rp. 4.500.000

"Maksud dan tujuan pelaku melaporkan sepeda motornya dicuri agar tunggakan kredit terhadap sepmor miliknya dapat terhapus," kata Kasat Reskrim.

Mengetahui ditipu, petugas kemudian menangkap pelaku di rumahnya.

Dari pelaku petugas mengamankan barang bukti berupa satu sepeda motor New Beat CW warna hitam BL 4277 FAD, satu buah kunci, satu lembar surat data kendaraan bermotor, nomor : 653228/SO-LGS/XII/2019 (STNK sementara).

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku berikut barang bukti saat ini telah diamankan di Polres Langsa guna proses hukum lebih lanjut.

"Pelaku dikenakan Pasal 242 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," ungkap Kasat Reskrim.

Komentar

Loading...