Unduh Aplikasi

Buat Aplikasi PIKA, Disperindagkop Abdya Habiskan Rp 1,3 Miliar Lebih

Buat Aplikasi PIKA, Disperindagkop Abdya Habiskan Rp 1,3 Miliar Lebih
Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menghabiskan anggaran mencapai Rp 1,3 miliar lebih untuk membuat aplikasi sistem informasi terpadu PIKA.

Dilihat dari website sirup.lkpp.go.id, Disperindagkop Abdya menggunakan anggaran tahun 2020, dengan nama paket pembangunan sistem informasi terpadu pusat industri kreatif Abdya (PIKA) yang pagu anggaran Rp. 1.350.000.000.

Dalam pengerjaan proyek tersebut, tender dimenangkan oleh PT Karya Generus Bangsa yang beralamat Centennial Tower Lt 29 Unit D-E Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 24-25 Kel Karet Semanggi Kec. Setiabudi Kota Adm. Jakarta Selatan Prop. DKI Jakarta.

Menurut informasi yang didapatkan AJNN, pengelolaan website Toko Online PIKA ditunjuk Central Creatif Industri of Abdya (CCIA) oleh Disperindagkop Abdya.

Saat dihubungi AJNN, Kepala Disperindagkop Abdya, Firmasnsyah membenarkan bahwa pembuatan website Toko Online PIKA mencapai Rp 1,3 miliar lebih.

"Ia memang segitu, karena membangun sebuah apliaksi itu kan memang mahal," kata Firmasnsyah, saat dihubungi dari Banda Aceh, Selasa (15/12).

Firmasnsyah menjelaskan, anggaran tersebut digunakan untuk jasa pembuatan aplikasi, selain itu anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan hardware dan server pendukung aplikasi PIKA.

"Yang kedua memang anggaran itu selain digunakan untuk jasa pembuat aplikasi juga ada pengadaan seperti hardware yang mendukung aplikasi, termasuk sewa cloud aws, jadi cloud aws itu nanti aplikasinya tetap berjalan meskipun mati lampu dan itu mahal sewanya," tuturnya.

Firmasnsyah mengungkapkan, PIKA merupakan sebuah aplikasi berbasis android dan website, sehingga bagi pelaku usaha UMKM Abdya bisa memasarkan produknya dan produk tersebut bisa dikenal oleh masyarakat secara luas.

"PIKA itu sebuah aplikasi berbasis android dan web, berbasis android bisa di download di plastore kalau web bisa dilihat disitus tokopika.com, dan bagi pelaku usaha UMKM bisa memasarkan produknya dan bisa dilihat oleh masyarakat secara luas," ungkapnya.

Selain dari UMKM Abdya, kata Firmasnsyah, Aplikasi tersebut bisa memudahkan pelaku UMKM seluruh Indonesia, sebab aplikasi PIKA hampirsama dengan toko-toko online lainnya seperti tokopedia dan Lazada.

"Ini bukan hanya untuk UMKM Abdya saja tapi bisa seluruh UMKM di Indonesia, dan dengan adanya PIKA semua UMKM dapat mendaftarkan prodaknya," tutup Firmasnsyah

Komentar

Loading...