Unduh Aplikasi

Buang Limbah Tak Sesuai SOP, Pertamina Janji akan Tanggung Jawab

Buang Limbah Tak Sesuai SOP, Pertamina Janji akan Tanggung Jawab
ilustrasi. Foto: MICOM

LHOKSEUMAWE - Dinas Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Lhokseumawe turun langsung ke lokasi pembuangan limbah Depot Pertamina Regional ll Lhokseumawe untuk mengambil sampel dan memastikan kandungan cairan yang diduga beracun dibuang ke laut di Desa Hagu Selatan.

"Hal tersebut kita lakukan terkait laporan masyarakat yang melaporkan bahwasanya pihak Pertamina telah membuang cairan limbah beracun dengan mengeluarkan bau busuk berwarna hitam kecoklat-coklatan ke laut melalui pipa saluran milik perusahaan tersebut, " kata Kabid Pengawas Dampak Lingkungan Hidup Dinas BLHK Kota Lhokseumawe, Jamaluddin.

Jamal mengatakan, saat berada di lokasi pihaknya tidak bisa mengambil sampel limbah itu.

"Saat kita mengambil sampel cairan yang dibuang ke laut dari saluran milik pertamina. Ternyata saluran tersebut sudah kering tidak lagi mengeluarkan air, jadi tidak ada yang bisa kita jadikan sampel untuk dilakukan pengecekan, " jelasnya.

Jamaluddin menyebutkan pihaknya juga sempat menjumpai pihak Pertamina untuk menanyakan perihal pembuangan limbah cair tersebut ke laut.

"Menurut keterangan yang kita peroleh dari mereka, membenarkan itu adalah cairan limbah. Namun, menurut mereka limbah pembuangan tersebut tidaklah berbahaya," katanya.

Meskipun pertamina memiliki surat izin untuk membuang limbah ke dasar laut, namun itu harus sesuai ketentuan melalui proses Instalasi Pengendalian Limbah, yang dikerjakan oleh tenaga ahli dengan ikut melibatkan Pengawas Dampak Lingkungan Hidup dari dinas terkait agar ternetralisir dari racun dan kimia sebelum dibuang ke dasar laut.

Pihak pertamina mengaku tidak sesuai SOP dalam aturan membuang cairan limbah, karena pipanya tidak sampai ke dasar laut.

"Dalam hal ini pihak pertamina berjanji bertanggung jawab, jangan sampai limbah tersebut berdampak pada pencemaran dan populasi lingkungan, " tegasnya.

Komentar

Loading...