Unduh Aplikasi

BREAKING NEWS: Pemerintah Tolak Sahkan KLB Partai Demokrat Deli Serdang

BREAKING NEWS: Pemerintah Tolak Sahkan KLB Partai Demokrat Deli Serdang
Foto: Net

BANDA ACEH - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengumumkan menolak mengesahkan kepengurusan Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Yasonna Laoly menjelaskan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan syarat-syarat yang diajukan oleh pengurus KLB Demokrat Deli Serdang.  Dimana pada 16 Maret 2021, pihaknya menerima surat dari Moldoko dan Joni Ellen, tertanggal 15 Maret 2021, menyampaikan permohonan pengesahan hasil KLB Demokrat Deli Serdang, 5 maret 2021.

Dimana, kata Yasona, hasil pemeriksaan dan verifikasi tahap pertama, Kemenkumham sudah menyampaikan surat tanggal 19 Maret 2021, yang pada intinya menyampaikan kepada KLB Demokrat Deli Serdang untuk melengkapi kekurangan dokumen yang dipersyaratkan.

"Kemudian kubu KLB Demokrat pada 29 Maret menyampaikan beberapa tambahan dokumen," kata Yasona.

Kata Yasona, dari hasil pemeriksaan dan verifikasi terhadap seluruh kelengkapan dokumen fisik sebagai yang dipersyaratkan, ditemukan masih terdapat beberapa kelengkapan yang belum dipenuhi, diantaranya perwakilan DPD, DPC, tidak disertai mandat dari ketua DPD dan DPC.

"Dengan demikian pemerintah menyatakan bahwa permohonan pengesahan hasil KLB Demokrat Deli Serdang tanggal 5 Maret 2021 ditolak," tegas Yasona.

Selain itu, Yasona juga memastikan bahwa pihaknya memakai rujukan AD/ART Partai Demokrat yang terdaftar dan dicatatkan di Kemenkumhamtahun tahun 2020.

"Argumen dari KLB Demokrat masalah AD/ART, itu biarkan menjadi ranah pengadilan. Jika KLB Demokrat Deli Serdang merasa bahwa AD/RT tidak sesuai dengan Undang-undang Partai Politik, silahkan digugat ke pengadilan," ujarnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...