Unduh Aplikasi

BPMA: Semburan Gas di Aceh Utara Sudah Hilang

BPMA: Semburan Gas di Aceh Utara Sudah Hilang
Lokasi sumur bor milik warga Aceh Utara yang menyemburkan gas dan lumpur. Foto: AJNN.Net/Safrizal

BANDA ACEH - Plt Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Azhari Idris angkat bicara terkait kasus kasus semburan gas di sumur milik warga di Kabupaten Aceh Utara.

"BPMA ikut prihatin atas kejadian ini karena bisa berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan jika terjadi kebakaran besar," kata Azhari Idris.

Ia mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan di lapangan. Hasilnya lokasi kejadian di luar wilayah kerja migas, dan di tanah masyarakat.

"Informasi sementara didapatkan bawa warga mengebor sumur air, kemudian terjadi semburan dari bawah secara tiba-tiba. Diduga disitu ada singkapan gas dangkal. Situasi sekarang tekanan semburan dari bawah sudah hilang," jelasnya.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk sementara menjauh dahulu dari lokasi kejadian agar menjaga keselamatan.

"Pengalaman menjelaskan singkapan gas dangkal seperti ini setelah terjadi semburan biasanya tekanan bawah tanah akan cepat hilang. Jika pada kondisi tertentu masih ada kondisi yg membahayakan, kami akan membantu pemerintah dalam penanganan selanjutnya," katanya.

Baca: Kronologi Semburan Gas dan Lumpur di Aceh Utara

Sementara itu, Kalak Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan gas yang menyembur pukul 09.00 WIB sudah berhenti.

BPBD Aceh Utara, kata Dadek, telah mengambil langkah-langkah penting terutama menempatkan meminimalkan dampak dan mengungsikan masyarakat di sekitar tempat kejadian.

"Kejadian seperti ini sering terjadi di wilayah Aceh karena banyaknya gas-gas dangkal yang terjebak di bawah tanah atau rawa ketika digali masyarakat," katanya.

Untuk itu, Dadek meminta kepada masyarakat untuk mengurus izin yang dibutuhkan sebelum dilakukan pengeboran untuk menghindari hal hal spt ini.

"Beberapa waktu lalu hal yang sama juga terjadi beberapa tempat lain seperti di Meulaboh, bahkan di Aceh Timur ledakan sumur minyak membawa korban puluhan orang meninggal dunia," ungkapnya.

Komentar

Loading...