Unduh Aplikasi

BPKS Sabang Buka Peluang Pelabuhan Marina kepada Pengusaha

BPKS Sabang Buka Peluang Pelabuhan Marina kepada Pengusaha
SABANG - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) membuka peluang kepada dunia usaha agar dapat memanfaatkan peluang yang ada di Sabang ini. Salah satunya terkait dengan pengelolaan pelabuhan marina yang berada di kawasan Lhok Weng, Iboih, Sabang.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal mengatakan BPKS tengah melakukan pengembangan Pelabuhan Marina yang terletak di Lhok Weng, sejak beberapa tahun terakhir ini.

Bahkan saat ini, BPKS akan terus berusahaan melengkapi fasilitas pendukung seperti infrastuktur jalan, air bersih, listrik, restoran dan fasilitas lainya selama beberapa tahun kedepan. Sehingga palabuhan marina itu benar-benar dapat dimanfaatkan. "Sudah dua tahun kita mengembangkan pelabuhan marina Lhok Weng, Iboih. Untuk itu kita juga mengundang investor untuk dapat mengelolanya," ujar Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal saat kegiatan parade kapal yacht yang berlangsung di Pelabuhan Marina Lhok Weng, Iboih, dalam rangka kegiatan Sabang Marine Festival II 2016, Rabu (27/4).

Mengingat pihak BPKS masih terus berusaha untuk melakukan pengembangan Pelabuhan Marina Lhok Weng, Irwan kembali mengajak peserta Sabang Marine Festival II 2016 untuk dapat memberikan masukan dalam rangka melengkapi fasilitas.

Selain itu, untuk pelaksanaan Sabang Marine Festival III 2017 kedepan, Irwan kembali meminta masukan kepada para peserta Sabang Marine Festival, agar kedepan pelaksanaan event ini lebih meriah lagi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Panitia Sabang Marine Festival II 2016, Fauzi Daud di Dermaga Lhok Weng, Iboih. Dalam kesempatan tersebut dirinya mengajak para peserta agar dapat mempromosikan Sabang kepada komunitas Yacht dunia, termasuk mengenai kemudahan regulasi yang didapati ketika singgahi Sabang.

"Kedepan kami berharap dapat memperkenalkan Sabang ke komunitas yacht, termasuk kemudahan perizinan QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Syahbandar-)," ucapnya lagi.

Sementara itu, dalam parade yacht yang berlangsung di Pelabuhan Marina Lhok Weng, Iboih turut dimemeriahkan dengan tarian kolosal dari Sanggar tari di kota Sabang, juga diisi oleh berbagai kegiatan lainya seperti atraksi para motor dan wind surfing.

Dalam kegiata itu juga tampak hadir Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal, para Deputi BPKS masing-masing Chandra Hasan (Deputi Umum-red), Fajri Sulaiman (Deputi Tekbang), Syafruddin Chan (Deputi Komersial dan Investasi), Kapolres Sabang, AKBP Nurmeininggsih, QICP dan Ketua Panita Sabang Marine Festival II 2016, Fauzi Daud.

Sebagaimana diketahui, Sabang Marine Festival II 2016, diikuti oleh Ke-16 kapal tersebut yakni, Morning Star (USA), Mariposa (jerman), Bernacle C (British), Thorfinn (Australia), Swift (British), Jenain (Afrika Selatan), Aku Ankka (USA), SY. Spailpin (Malaysia), ZOA (Australia), Calypso (Afrika Selatan), Dream Dancer (Australia), EN Pointe (USA), Cest Le Vent (Malaysia), Storm (British), SY MANTA (British) dan SY Shadowfax (USA).

Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan aneka perlombaan rakyat seperti mancing, dayung, permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang panjat pinang, dan bawa kelereng-red).

Selain itu, para peserta juga akan melaksanakan tour ke sekolah-sekolah yang ada di Sabang dan juga akan tour ke Banda Aceh untuk mengunjungi situs-situs tsunami.

Sebelumnya, Nahkoda Kapal Layar Calypso, Paul Von Wiese yang merupakan peserta Sabang Marine Festival 2016 mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BPKS dimana, proses cheking QICP di Pelabuhan Sabang tercepat di Indonesia. "Proses sangat bagus, sangat praktis tidak makan waktu. Dua tahun yang lalu kita perlu lima hari untuk Chekin, sekarang sangat cepat," kata Paul Von Wiese.

Dirinya juga memberikan apresiasi tentang kepastian regulasi yang diterapkan oleh Tim QICP di Pelabuhan Sabang. Karena mereka merasa bahwa tim tersebut benar-benar profesional dalam memberikan pelayanan. "Tidak ada kutipan yang tak jelas. Dengan cara seperti ini pasti akan banyak yang datang," ujarnya lagi melalui penerjemah BPKS, Nani.
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...