Unduh Aplikasi

BPK Didesak Audit Forensik Proyek Jalan Bulu Seuma-Aceh Singkil

BPK Didesak Audit Forensik Proyek Jalan Bulu Seuma-Aceh Singkil
Kondisi jalan yang sudah terlihat rusak di kawasan Buluh Sema. Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Lembaga Pemantau Lelang Aceh LPLA meminta Badan Pemeriksa Keuangan BPK Perwakilan Aceh melakukan Audit Forensik terkait persoalan pengaspalan jalan Bulu Seuma - Aceh Singkil yang dikerjakan oleh PT Bina Pratama Persada dengan nilai kontrak Rp 19,2 miliar.

Pekerjaan pengaspalan yang baru selesai dibangun beberapa bulan yang lalu sebagian sudah terkelupas dan retak retak. Diduga pekerjaan pengaspalan tersebut tidak sesuai dengan spek tekhnis yang dipersyaratkan dalam dokumen lelang.

"Kami menduga tenaga ahli yang digunakan oleh perusahaan pemenang lelang tidak seluruhnya hadir di lapangan, personil tenaga ahli hanya formalitas memenuhi persyaratan tender kenyataan di lapangan tidak semua personil yang diusulkan berada di lapangan," kata Koordinator LPLA, Nasruddin Bahar, Rabu (12/2).

Menurutnya konsultan pengawas PT Nuansa Galaxi yang seharusnya bertanggung jawab terhadap mutu pekerjaan perlu dipertanyakan. Diduga pengawas di lapangan bekerja tidak maksimal, tenaga ahli pengawas juga dipertanyakan tidak sesuai dengan tenaga ahli yang diusulkan.

Baca: Proyek Jalan Trumon Batas Singkil, Baru Selesai Dikerjakan Sudah Rusak

Ia menjelaskan untuk membuktikan tenaga ahli yang dipekerjakan oleh PT Nuansa Galaxi sebagai konsultan pengawas benar bisa dilihat dari bukti slip pemotongan PPh atas personil yang dipekerjakan, jika personil yang diusulkan tidak bisa membuktikan pemotongan PPh maka dipastikan mereka tidak digaji.

"Kami juga meminta kepada penegak hukum agar pokja yang memenangkan perusahaan tersebut diperiksa, jika dikemudian hari BPK menemukan adanya kerugian Negara maka pihak terkait dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

Komentar

Loading...