Unduh Aplikasi

CALO REHAB REKON TAHAP TIGA MULAI BERMUNCULAN

BPBD Pijay Minta Masyarakat Tak Percaya Calo

BPBD Pijay Minta Masyarakat Tak Percaya Calo
Proses evakuasi gempa Pijay oleh aparat gabungan. Foto: AJNN/Muksalmina

PIDIE JAYA – Proses rehab rekon pemukiman tahap akhir pasca gempa Pidie Jaya 7 Desember 2016 segera dilelang. Seiring akan dimulai pembangunan tahap tiga itu, calo yang menjanjikan masyarakat dapat mengurus rumah bantuan mulai bermunculan.

Informasi yang dihimpun AJNN, seperti di Kecamatan Trienggadeng saat ini calo mulai ‘bergentayangan’ menjanjikan masyarakat bahwa calo itu dapat mengurus bantuan rumah gempa dengan meminta sejumlah uang kepada masyarakat yang ditargetkan.

Baca: Setahun Lebih Berlalu, Sejumlah Rumah Korban Gempa Pijay Tahap Pertama Belum Rampung

Plt Kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya, Okta Handipa melalui Kabid Rehab Rekon, Aswan Aziz kepada AJNN, Rabu (11/3) mengatakan, pihaknya juga sudah mendapat informasi adanya oknum yang menjanjikan masyarakat dapat mengurus rumah gempa dengan meminta sejumlah uang pelicin.

Bahkan kata Aswan, informasi yang diperoleh pihaknya, calo tersebut kepada masyarakat mengakui  dirinya dekat dengan pimpinan Pidie Jaya, sehingga dengan mudah membuat masyarakat akan merasa yakin dengan oknum yang tidak bertanggung jawab itu.

“Kami juga sudah mendapatkan informasi itu, saat ini kita turun ke lapangan untuk memastikan. Kepada masyarakat atau korban yang ditargetkan si calo ini mengaku dekat dengan Abua atau Waled (Bupati atau Wakil Bupati Pidie Jaya),” kata Aswan melalui sambungan seluler.

Baca: Pembangunan Rumah yang Rusak Gempa Pijay Tahap Tiga akan Ditender

Aswan meminta masyarakat untuk tidak percaya kepada calo yang menjanjikan dapat mengurus bantuan rumah gempa tahap tiga ini. Sebab, penerima bantuan tahap terakhir ini jauh-jauh hari sudah terdata dan sudah di SK-kan oleh Bupati Pidie Jaya.

“Kepada masyarakat kami meminta tidak percaya calo yang menjanjikan dapat mengurus bantuan rumah gempa, sebab penerima bantuan tahap tiga ini sudah ada data yang telah di SK-kan oleh bupati,” pinta Aswan.

Baca: Permainan Rehab Rekon Pasca Gempa Pidie Jaya Terus Berlanjut

Pria Bugis itu juga meminta, jika ada oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan dengan menjanjikan masyarakat dapat memperoleh bantuan gempa, ia meminta untuk melaporkan ke BPBD Pidie Jaya.

“Jika ada yang menjanjikan seperti ini (Calo) yang meminta sejumlah uang, masyarakat tolong lapor ke BPBD, nanti kami yang lapor ke penegak hukum agar diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” pintanya lagi.

Baca: Rehab Rekon Pijay Tahap Pertama Bermasalah, Kepala BPBD: Akan Diproses Hukum

Aswan menambahkan, saat ini pihak sedang merampungkan berkas-berkas rumah bantuantahap tiga itu agar dapat segera dilelang.

“Kami usahakan pekan depan rumah bantuan gempa tahap tiga sudah dilelang,” sebutnya. 

Komentar

Loading...