Unduh Aplikasi

BPBD Agara Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor  

BPBD Agara Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor  
Kalak BPBD Aceh Tenggara

ACEH TENGGARA - Sejak dua pekan  terakhir kawasan Kabupaten  Aceh Tenggara terus diguyur hujan lebat. 

Hal ini diperediksi akan berpotensi  terjadinya banjir luapan sungai Lawe Bulan dan Lawe Alas, serta terjadi  longsor, sebagaimana kerap terjadi setiap tahunnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara, M.Asbi ST.MM,menyebutkan, Rabu (07/10).

"Kita mengimbau kepada lapisan masyarakat khususnya yang tinggal di Sepanjang Aliran sungai (DAS) agar tetap hati-hati dan waspada. Saat ini Aceh Tenggara kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi," kata Mohd Asbi.  

Ia juga mengatakan, kawasan Kabupaten  Aceh Tenggara adalah daerah yang menjadi langganan bencana banjir dan longsor tahunan. Terutama di kawasan sepanjang DAS Lawe Alas dan  Lawe Bulan serta anak-anak aliran sungai lainnya yang ada di Agara.

Bahkan di setiap musim penghujan dengan intensitas tinggi akan diperediksi  berpotensi terjadinya bencana banjir dan longsor.

Mohd Asbi menambahkan, banjir biasanya akan terjadi jika hujan lebat terus menerus menguyur kawasan Aceh Tenggara, khususnya pada daerah hulu sungai karena sungai Lawe Alas maupun Lawe Bulan tidak akan  mampu menampung banyaknya arus air, sehingga juga berpotensi terjadi longsor. 

"Justru itu mari kita tingkatkan kewaspadaan, karena saat ini kawasan Aceh Tenggara lagi musim penghujan dengan intensitas tinggi," kata Kalak BPBD Agara M.Asbi .ST. MM. 
 
JAPAR

 

Komentar

Loading...