Unduh Aplikasi

BPBD Aceh Barat Baru Diteksi Empat Kecamatan Terjadi Kebakaran Hutan

BPBD Aceh Barat Baru Diteksi Empat Kecamatan Terjadi Kebakaran Hutan
Kabut asap di kawasan jalan lintas Meulaboh- Banda Aceh

ACEH BARAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat baru menemukan empat kecamatan wilayah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kabupaten setempat, sejak terjadinya kebakaran, Jumat pekan lalu.

Hal ini berbeda dengan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Meulaboh yang mendeteksi 23 titik api di delapan Kecamatan yang meliputi Kecamatan Meureubo, Johan Pahlawan, Samatiga, Kaway XVI, Arongan Lambalek, Woyla Barat, Woyla Timur dan Panton Reu seperti yang tertangkap oleh satelit terra aqua.

Baca: BMKG Deteksi 23 Titik Api di Aceh Barat

Sektaris BPBD Aceh Barat, Edison, mengatakan empat kecamatan yang menjadi wilayah kebakaran hutan dan lahan tersebut meliputi Kecamatan Johan Pahlawan berada di dua desa, Meureubo satu desa, Kaway XVI dua desa, Samatiga satu desa.

“Kalau dari BMKG memang benar ada depalan, tapi informasi yang kita peroleh dari masyakarat dan Kepolisian Sektor (Polsek) baru di empat Kecamatan. Bisa jadi yang terdeteksi BMKG di wilayah pedalaman hutan yang tidak terdeteksi masyakarakat,” kata Edison, Senin, (23/10) di ruang Wakil Bupati Aceh Barat, usai mengikuti rapat terkait dengan pencegahan dan penanganan karhutla yang kembali terjadi.

Untuk menangani kebakaran tersebut, kata dia, BPBD Aceh Barat telah menurunkan beberapa mobil pemadam kebakaran namun tidak dapat dijangkau karena jarak wilayah kebakaran sulit diakses.

Komentar

Loading...