Unduh Aplikasi

BPBA Turunkan Alat Berat Bantu Atasi Banjir Rob di Aceh Barat

BPBA Turunkan Alat Berat Bantu Atasi Banjir Rob di Aceh Barat
Alat berat milik BPBA sedang membersihkan pasir dari badan Jalan Diponegoro. Foto: Ist

ACEH BARAT - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menurunkan satu unit alat berat untuk membantu mempercepat proses penanganan banjir rob atau pasang purnama yang menimbun badan Jalan Diponegoro yang berada di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan.

Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek mengatakan dengan adanya alat berat tersebut diharapkan dapat segera membersihkan timbunan pasir di jalan itu, sehingga warga kembali dapat melintas jalan protokuler tersebut.

"Sekarang kami sedang membersihkan jalan akibat abrasi pantai dari banjir rob yang terjadi tiga hari lalu," kata Teuku Ahmad Dadek, Minggu (21/7).

Dikatakannya, selain membersihkan badan jalan, pihaknya juga akan membantu karung pasir kepada desa setempat untuk diisi pasir guna membangun tanggul darurat mencegah abrasi semakin meluas akibat banjir rob.

Baca: Wheel Loader Mogok Tiga Hari Banjir Rob Tak Tertangani

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membantu kantung pasir yang akan digunakan untuk melindungi badan jalan sehingga tidak rusak akibat banjir rob tersebut.

"Nanti kami akan bagikan karung pasir kepada desa untuk dapat diisi pasir, dan nanti kami akan pesan kantung pasir agar jalan ini tetap akan terus dapat digunakan," ujar Dadek.

Dari pantauan AJNN, pasir yang dikeruk menggunakan alat berat itu langsung digunakan untuk membuat timbunan berupa tanggul darurat, guna mengatasi agar air laut tidak langsung naik kedaratan saat pasang purnama terjadi.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...