Unduh Aplikasi

BPBA Rencanakan Penyaluran Bantuan Langsung kepada Korban Gempa

BPBA Rencanakan Penyaluran Bantuan Langsung kepada Korban Gempa

PIDIE JAYA - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) berencana menyalurkan langsung bantuan logistik ke gampong-gampong di Pidie Jaya.

"Selama ini kepala desa masing-masing yang mengambil bantuan ke posko," kata Pusat Data dan Informasi Aceh BPBA di Posko Utama Meureudu, Heni, Senin (12/12).

Menurutnya, dengan cara seperti itu dikhawatirkan tidak tepat sasaran serta berpotensi adanya penimbunan bantuan.

Dia menambahkanm, jumlah pengungungsi harus dikoreksi untuk menghindari lonjakan pengungsi. Langkah yang akan diamabil adalah penyaluran logistik langsung ke desa masing-masing sesuai dengan jumlah jiwa dan kepala keluarga setempat.

"Bantuan yang disalurkan disepakati untuk kebutuhan pokok, beras, minyak goreng, telor, dan gula. Akan disepakati rekap kebutuhan selama tujuh hari," ujarnya.

Bila memungkinkan dan tidak melanggar aturan, sebut Heni, pengungsi juga akan diberikan uang tunai setiap hari Rp 10.000 perjiwa untuk lauk pauk. Namun hal ini masih menunggu konfirmasi dari pusat.

Selain itu kata Heni, untuk mengurangi jumlah pengungsi, mereka akan membantu biaya untuk sewa rumah sebesar Rp 300.000 per bulan, sehingga dengan begitu, para pengungsi tidak perlu mendirikan MCK dan lainnya.

"Namun itu semua baru rencana. Rencana pemberian uang lauk pauk, dan uang sewa rumah. Kita masih menunggu konfirmasi dari pusat," ujar Heni.

Komentar

Loading...