Unduh Aplikasi

‎Bocah Rohingya di Langsa Mulai Bersekolah

‎Bocah Rohingya di Langsa Mulai Bersekolah
Foto: Merdeka
LANGSA - Sebanyak enam anak pengungsi rohingya asal Myanmar yang menempati barak pengungsian Gampong Lhok Bani, Kecamatan Langsa Barat mulai mengikuti proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri 13 Langsa, Selasa (39/3).‎

Wakil Satuan Petugas Penanggulangan Pengungsi Rohingya Kota Langsa, Suriyatno kepada wartawan mengatakan, kelengkapan pakaian sekolah dan lainya untuk anak pengungsi di fasilitaskan oleh Save The Children.

Ia mengucapkan terimakasih kepada dinas pendidikan setempat atas kerjasamanya, sehingga keenam bocah rohingya bisa mendapatkan pendidikan formal di sekolah.

"Meskipun sudah sepuluh bulan tinggal di barak pengungsian, namun anak-anak rohingya ini tidak butuh waktu dalam untuk beradaptasi dengan teman-teman barunya, karena saat jam istirahat mereka langsung bermain bersama murid lainnya," kata Suriyatno.

Menurutnya, keenam anak tersebut akan bersekolah hanya tiga hari dalam satu minggu, karena selebihnya mereka akan belajar di barak. Menyangkut dengan nilai rapor dan ijazah nanti akan di musyawarahkan lagi dengan pihak-pihak terkait.

"Yang penting untuk sementara mereka bisa bersekolah di sekolah formal, karena dengan bersekolah disana bisa membuat psikologi mereka menjadi senang disebabkan bisa bermain dan belajar dengan teman-teman lain yang selama ini tidak pernah dijumpai di barak pengungsian," tambahnya.

Dirinya berharap kepada pihak-pihak terkait, untuk terus membantu proses belajar bagi anak-anak pengungsi ini, karena anak rohingya yang usianya seperti mereka sangat membutuhkan ilmu pendidikan untuk menambah wawasan.

Komentar

Loading...