Unduh Aplikasi

BNN Temukan Tiga Lokasi Ladang Ganja di Kawasan Hutan Lindung Aceh Besar

BNN Temukan Tiga Lokasi Ladang Ganja di Kawasan Hutan Lindung Aceh Besar
Petugas mencabut batang ganja di lokasi pegunungan Aceh Besar. Foto: Dok BNN

BANDA ACEH - Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan tiga lokasi ladang ganja dengan ketinggian 993 mdpl di kawasan hutan lindung, Aceh Besar. 

Direktur Narkotika BNN, Victor Lasut menyebutkan penemuan ladang ganja tersebut hasil penyelidikan tim BNN atas pengembangan kasus 250 Kg ganja yang berhasil diungkap beberapa pekan lalu di Pluit, Jakarta Utara. 

"Atas pengembangan kasus itu dapat informasi ada dugaan penanaman ganja di sekitar Desa Luthu Dayah Krueng, Suka Makmur. Ada empat hektare ladang ganja yang ditemukan petugas, diperkirakan 38 ribu batang ganja," kata Viktor di Aceh Besar, Rabu (11/3).

Ia menyebutkan tim gabungan dengan kekuatan 108 personel dilibatkan untuk melakukan pemusnahan batang ganja dengan jarak tempuh selama tiga jam. 

"Petugas juga kesulitan menuju lokasi, harus melakukan pendakian, apalagi jalan licin akibat hujan," ujarnya. 

Setiba di lokasi, lanjut Viktor, petugas langsung mencabut batang-batang ganja tersebut, selanjutnya dimusnahkan di lokasi dengan cara dibakar.

"Tanaman ganja tersebut ukurannya antara 20 cm hingga satu meter langsung dimusnahkan petugas ditempat," sebutnya.

Terkait dengan temuan ladang ganja ini, lanjut Viktor, BNN terus bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan pemusnahan ladang ganja yang masih ada di Provinsi Aceh. 

"Bagi siapa saja yang terlibat menanam, memproduksi dan mengedar tentu akan dilakukan penindakan hukum," pungkasnya.

Komentar

Loading...