Unduh Aplikasi

BMKG Pastikan Benda Berwarna Merah Jatuh dari Langit Bukan Sebuah Fenomena

BMKG Pastikan Benda Berwarna Merah Jatuh dari Langit Bukan Sebuah Fenomena
Benda berwarna merah yang terlihat di langit. Foto: Ist

BIREUN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Utara memastikan apabila benda berwarna merah jatuh dari langit yang sempat menggegerkan warga Gampong Tingkem Manyang, Kecamatan Kutablang, Bireun, Selasa malam, bukan sebuah pertanda fenomena alam.

"Sesuai amatan dan kajian yang kami lakukan secara seksama melalui video yang kami terima, maka kami pastikan benda merah yang jatuh dari langit itu bukan sebuah tanda fenomena alam atau meteor," kata BMKG Aceh Utara, Kharendra Muiz, kepada AJNN, Rabu (25/12).

Untuk itu, dirinya meminta masyarakat tidak perlu panik menyingkapi penampakan tersebut. Dimana menurut amatan dan kajian mereka benda merah yang jatuh dari langit itu seperti sebuah suar atau flare. Biasanya signal roket yang tembakkan itu untuk memberi tanda atau sinyal darurat.

"Benda merah dari langit itu seperti tanda sinyal darurat atau disebut Albatross Parachute Signal Rocket," ujar Kharendra.

Baca: Fenomena Benda Merah Jatuh dari Langit Gegerkan Warga Kutablang

Menurutnya benda itu dilakukan atau ditembakkan untuk memberikan sinyal untuk menunjukkan tempat atau kedaan darurat.

"Jadi masyarakat tidak perlu takut dan panik dengan penampakan benda tersebut," jelasnya.

Sejauh ini AJNN belum memperoleh informasi dari pihak terkait maupun pihak yang bertanggung jawab yang melakukan tembakan benda tersebut pada malam itu.

Jamaluddin warga Kutablang, Bireun mengatakan, bila itu sebuah tembakan peringatan seingatnya malam itu tidak ada kejadian apa-apa atau darurat.

"Kami minta pihak berwenang mengusut dan menyelidiki oknum yang menembakkan benda itu, karena akibat tembakan itu telah membuat warga disini dan sekitarnya panik," pintanya.

Komentar

Loading...