Unduh Aplikasi

BMKG Minta Warga Waspada Hujan Lebat Landa Empat Daerah di Aceh

BMKG Minta Warga Waspada Hujan Lebat Landa Empat Daerah di Aceh
Ilustrasi hujan lebat. Foto: IST.

LHOKSEUMAWE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh mengimbau kepada masyarakat yang tingal di empat daerah Provinsi Aceh, agar mewaspadai potensi hujan deras landa kawasan itu.

Ke empat kabupaten dan kota itu yakni, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang, dan Aceh Timur.

Kepala BMKG Malikussaleh, Siswanto mengatakan, potensi tersebut akan berlangsung hingga dua hari ke depan, akibat dampak dari bencana Hidrometeorologi.

"Di Kota Langsa, potensi meliputi Kecamatan Langsa Lama, Langsa Baro, Langsa Kota, Langsa Barat, dan Langsa Timur," kata Siswanto kepada AJNN, Jumat (11/6).

Lanjutnya, di Kabupaten Aceh Tamiang meliputi Kecamatan, Seruway, Rantau, Tamiang Hulu, Tenggulun, Kejuruan Muda, Bandar Pusaka, Sekerak, Kota Kuala Simpang, Karang Baru, Manyak Panyed, Banda Mulia, dan Bendahara.

"Kabupaten Aceh Timur meliputi Kecamatan Birem Bayeun, Rantau Selamat, Simpang Jernih, dan Serba Jadi, dan terakhir, Kabupaten Gayo Lues meliputi Kecamatan Pining" ujarnya.

Lanjut Siswanto, perlu ditingkatkan kewaspadaannya untuk beberapa kawasan pemukiman, yang berada di perbukitan dengan kemiringan terjal dan ditopang oleh formasi batuan labil atau tidak kompak.

"Akibatnya akan berpotensi guguran material skala kecil, jalanan licin, jarak pandang berkurang, genangan air di pesisir atau dataran rendah, angin kencang dan sambaran petir," imbuhnya.

HUT Pijay

Komentar

Loading...