Unduh Aplikasi

BMKG Imbau Waspada Potensi Banjir dan Angin Kencang di Aceh Utara

BMKG Imbau Waspada Potensi Banjir dan Angin Kencang di Aceh Utara
Foto: Ist

LHOKSEUMAWE - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Lhokseumawe mengimbau kepada masyarakat di Aceh Utara dan sejumlah daerah lainnya di wilayah kerja setempat agar mewaspadai potensi banjir juga angin kencang.

Prakirawan BMKG Malikussaleh, Kharendra Muiz mengatakan musim hujan secara umum akan terjadi pada dasarian III bulan Oktober 2019 untuk wilayah Aceh Utara dan sekitarnya.

"Potensi hujan akan semakin meningkat. Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan November nanti," kata Muiz kepada AJNN, Senin (21/10).

Dikatakan Muiz, terkait dengan hal tersebut, masyarakat diharapkan mewaspadai potensi peningkatan curah hujan yang dapat disertai angin kencang karena dapat berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor maupun genangan.

"Masyarakat bisa memulai bergotong royong membersihkan drainase-drainase di lingkungan sekitarnya, menghindari membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Untuk wilayah pinggiran sungai atau DAS, kata Muiz, bisa membersihkan sampah-sampah atau benda lainnya yang menghambat aliran tersebut serta untuk lebih waspada terhadap potensi meluapnya sungai.

"Untuk daerah hulu kami berharap tidak terjadi lagi pengrusakan hutan baik untuk pembukaan lahan baru dan kepentingan lainnya," jelasnya.

Komentar

Loading...