Unduh Aplikasi

BMKG Deteksi 23 Titik Api di Aceh Barat

BMKG Deteksi 23 Titik Api di Aceh Barat
Kabut asap di kawasan jalan lintas Meulaboh- Banda Aceh

ACEH BARAT - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Meulaboh mendeteksi 23 titik api akibat kebakaran hutan dan lahan gambut di wilayah Aceh Barat beberapa hari terakhir.

Prakirawan BMKG Meulaboh, Angga Yudha, mengatakan dari hasil pantauan satelit terra aqua untuk wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya terdapat 45 titik api.

“Hingga Minggu malam kemarin pukul 22.00 WIB ada 45 titik api yang ditemukan untuk wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya. Dimana Aceh Barat ada sekitar 23 tititk api,” kata Angga, secara tertulis yang dikirim kepada wartawan, Senin, (28/10).

Angga merincikan untuk Kabupaten Aceh Barat sebaran titik api terdapat di delapan kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Barat meliputi Kecamatan Meureubo, Johan Pahlawan, Samatiga, Kaway XVI, Arongan Lambalek, Woyla Barat, Woyla Timur dan Panton Reu.

Sedangkan di wilayah Nagan Raya, kata dia, titik panas tersebar di empat kecamatan yakni Beutong, Tadu Raya, Kuala, dan Darul makmur namun hingga kini data luasan total hutan dan lahan gambut yang terbakar itu belum kongkrit.

Dari pantauan akibat dari Karhutla yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat, saat ini beberapa wilayah Kabupaten tersebut mulai dikepung kabut asap, sehingga sangat mengganggu aktivitas masyarakat yang melintas seperti di kawasan jalan lintas Meulaboh- Banda Aceh.

Kabut asap yang mulai terlihat pekat di kawasan Desa Suaknie, Suak Raya, Kecamatan Aceh Barat, Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga. Asap juga mengepung pemukiman warga sejak dua hari terakhir ini.

Komentar

Loading...