Unduh Aplikasi

BMKG Berangkatkan Tim Observasi Cuaca ke Samudera Hindia

BMKG Berangkatkan Tim Observasi Cuaca ke Samudera Hindia
BANDA ACEH - Badan Meterologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memberangkatkan tim observasi cuaca ke Samudera Hindia. Tim yang diberangkatkan terdiri dari BMKG, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan tim dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA)

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Mulyono R.Prabowo menyebutkan, tim yang akan diberangkatkan nantinya akan menempatkan dan melakukan perawatan alat pendeteksi cuaca berupa Bouy Rama.

"Bouy tersebut akan kami tempatkan di lima titik di Samudera Hindia untuk mendeteksi cuaca," katanya dipelabuhan Malahayati Aceh Besar, Jumat (4/3).

Dikatakannya, untuk survei kali ini, pihaknya mengandeng dari BPPT yang sudah berpengalaman dalam pemasangan dan penempatan bouy di perairan. "BPPT sudah pernah menempatkan Bouy Tsunami, jadi kami gandengan untuk misi suvei kali ini," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, sejak tahun 2012 lalu, BMKG dan NOAA telah melakukan kerjasama terkait pelaksanaan Global Ocean Observing System (GOOS). Sebagai bentuk kerjasama tersebut, dilaksanakan Shiptim Join Cruise RAMA - Indonesia Prima.

"Tujuannya dalam rangka mendukung dan meningkatkan kegiatan observasi cuaca, laut, dan udara di Samudera Hindia serta pemeliharaan Bouy RAMA," katanya.

Untuk tindak lanjut kedepan, tambah Mulyono, BMKG akan meningkatkan kegiatan observasi laut dengan meningkatkan alat observasi laut seperti Bouy dan alat sensor ketinggian permukaan laut.

"Jadi empat buah sensor tersebut akan kami pasang di sejumlah titik untuk mengetahui ketinggian permukaan laut dibeberapa lokasi di Indonesia," jelasnya.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...