Unduh Aplikasi

BKSDA Lepasliarkan Orangutan Sumatera ke Hutan Pinus Jantho

BKSDA Lepasliarkan Orangutan Sumatera ke Hutan Pinus Jantho
Dokumen BKSDA Aceh. Foto: Ist

BANDA ACEH - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melepasliarkan seekor Orangutan sumatera (Pongo abelii) ke Cagar Alam Hutan Pinus Jantho, Aceh Besar. Pelepasan hewan berjenis kelamin betina tersebut juga dilakukan bersama Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Sahrial.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh, Agus Arianto mengatakan, satwa dilindungi itu disita dari Kota Langsa. Hewan bernama Keke diperkirakan berusia 2 tahun saat pertama kali dibawa ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi di Batu Mbeliin Sumatera Utara yang dikelola oleh YEL- SOCP di bawah pengawasan Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

“Setelah melewati proses karantina dan rehabilitasi selama hampir 3 tahun, kemudian Keke dipindahkan ke Pusat Reintroduksi Orangutan YEL-SOCP di Jantho,” katanya, Jumat (14/2).

Dikatakan Agus, saat tiba di Pusat Reintroduksi Orangutan Jantho, orang-utan itu tidak langsung dilepasliarkan, namun masih harus melewati beberapa tahapan lagi, salah satunya adalah adaptasi langsung di alam yang dikemas dalam forest school.

“Saat ini orangutan yang dilepasliarkan di Jantho baik hasil peliharaan atau sitaan sebanyak 107 individu dan 19 individu merupakan hasil dari translokasi, serta ada 2 individu bayi orangutan yang terdeteksi lahir di Cagar Alam Hutan Pinus Jantho,” tuturnya.

Sambung Agus, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Aceh serta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar atas dukungan sejak pertama Stasiun Reintroduksi Orangutan Jantho dibangun sampai saat ini.

“Kami yakin dukungan akan terus berlanjut, dengan hadirnya mereka saat pelepasan semakin memperkuat upaya bersama untuk konservasi orangutan sumatera. Dukungan masyarakat sekitar kawasan Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Jantho yang selama ini diberikan, diharapkan menjadi penguat upaya bersama dimaksud,” pungkasnya. 

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...