Unduh Aplikasi

BKSDA Lepasliarkan Elang Brontok di Aceh Utara

BKSDA Lepasliarkan Elang Brontok di Aceh Utara
BKSDA lepasliarkan Elang Brontok. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe melepasliarkan Elang Brontok serahan warga ke Puncak Gunung Sala, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (11/1).

Pelepasan tersebut dilakukan setelah enam hari diamankan di kantor konservasi setempat, setelah diserahterimakan oleh warga Gampong Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Baca: Warga Lhokseumawe Serahkan Seekor Elang Brontok ke BKSDA

Amatan AJNN, pelepasan satwa dilindungi  tersebut dilakukan dengan cara dibuka sangkarnya, lalu dibiarkan terbang bebas di alam lepas.

Kepala Koservasi Wilayah I Lhokseumawe, Kamarudzaman, melalui Staf Nurdin mengatakan, untuk kondisi elang tersebut sangat sehat, hal itu ditandai dengan sifat agresif saat dilepasliarkan. Sementara pelepasan dilakukan untuk penyelamatan dan pelestarian.

“Kami memilih puncak Gunung Sala, karena lokasi hutan di sana memang habitat elang, dan sangat mendukung,” kata Nurdin.

Nurdin berharap, kepada masyarakat yang memiliki, memelihara, dan melihat satwa dilindungi tersebut, harap segera melaporkan kepada BKSDA terdekat, atau intansi terkait lainnya.

Elang Brontok merupakan jenis satwa liar yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor:P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor:P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi.

Komentar

Loading...