Unduh Aplikasi

Biden: Trump Tinggalkan Surat yang Sangat Dermawan

Biden: Trump Tinggalkan Surat yang Sangat Dermawan
Presiden AS Joe Biden. Foto: DW (News)

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan mantan Presiden Donald Trump meninggalkan sebuah surat "yang sangat dermawan" sebelum keluar dari Gedung Putih pada Rabu (20/1).

Tapi Biden mengatakan dia tidak akan langsung mengungkapkan isi surat itu untuk menghormati Trump.

"Presiden menulis surat yang sangat dermawan," kata Biden dari Resolute Desk di Oval Office, kepada wartawan.

"Karena ini pribadi, saya tidak akan membicarakannya sampai saya berbicara dengannya, tapi itu dermawan," ujar dia.

Kepada CNN, seorang asisten senior Trump menggambarkan surat itu sebagai "catatan pribadi" yang isinya mendoakan keberhasilan negara dan pemerintahan baru untuk menjaga negara.

Lebih lanjut, ia menambahkan, menulis surat kepada Biden adalah salah satu dari banyak item dalam daftar Trump di Oval Office pada Selasa (19/1) malam.

Dalam sejarah AS, sudah menjadi tradisi modern bagi presiden yang lengser menulis surat untuk penerus mereka dan meninggalkannya di Resolute Desk di Oval Office.

Sementara dalam briefing pada Rabu malam, Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki juga menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang surat yang ditinggalkan Trump untuk Biden.

Meski terdengar mengejutkan bahwa Trump tetap meneruskan tradisi tersebut sementara mengabaikan tradisi lainnya, tapi itu sejalan dengan antusiasme dia di masa lalu ketika menerima surat dari mantan Presiden Barack Obama.

Trump begitu terpesona dengan surat Obama, sehingga ia mencoba meneleponnya segera setelah ia membacanya di Hari Pelantikan 2017. Tapi di saat yang sama, Obama masih dalam penerbangan menuju Palm Springs dengan pesawat kepresidenan sehingga tidak dapat menjawab telepon tersebut.

Kemudian ketika salah satu pembantu Obama kembali menghubungi Gedung Putih, staf presiden mengatakan bahwa Trump hanya ingin mengucapkan terima kasih atas surat tersebut dan ingin memastikan Obama menerima pesannya.

"Itu panjang. Itu rumit. Itu bijaksana. Dan butuh waktu untuk menuliskannya, dan saya menghargainya," kata Trump tentang surat itu sepekan setelah menjabat dalam wawancara dengan ABC News.

Selain Trump, mantan Wakil Presiden Mike Pence juga meninggalkan surat untuk Wapres Kamala Harris. Berbeda dengan Trump yang enggan menghadiri inagurasi Biden, Pence beserta sang istri Karen, tetap menghadiri pelantikan tersebut.

Komentar

Loading...