Unduh Aplikasi

Bidang Kesehatan, Aceh Barat Masih Tertinggal

Bidang Kesehatan, Aceh Barat Masih Tertinggal
Kantor Bupati Aceh Barat, Foto : Acehonline
ACEH BARAT - Pemerhati Layanan Publik Bidang Kesehatan Aceh Barat, Afrizal Abdul Rasyid, mengatakan, angka permasalahan kesehatan Aceh Barat masih cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari peringkat Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM).

“Kalau tingkat provinsi, Aceh Barat masuk rangking 16 ditahun 2013 dari 23 Kabupaten Kota di Aceh sesuai dengan rilis yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Aceh," kata Afrizal Abdul Rasyid kepada AJNN, Kamis (22/10).

Menurutnya, tingginya ranking yang diperoleh dalam IPKM, menunjukkan masih buruknya pelayanan kesehatan di Aceh Barat. Bahkan, jika dibandingkan dengan kabupaten lainya, Aceh Barat masih jauh tertinggal.

“Aceh Jaya saja secara provinsi masuk pada peringkat 6 dalam IPKM dan masuk pada peringkat ke 160 tingkat Nasional sedangkan Aceh Barat masuk pada ranking 379 tingkat nasional,” jelasnya.

Dilihat dari perbandingan ditahun 2007, kata Afrizal, Aceh Barat secara provinsi berada pada peringkat 19 dan 404 secara nasional, sedangkan Aceh Jaya peringkat 20 tingkat provinsi dan peringkat 410 secara nasional.

"Tahun 2013 terjadi perkembangan yang cukup baik untuk peningkatan IPKM di Aceh Jaya dibandingkan dengan Aceh Barat," ujarnya.

Afrizal menambahkan, untuk mengukur Indeks tersebut, Kementrian Kesehatan menggunakan 24 Indikator yang digunakan dalam IPKM dengan nilai korelasi Usia Harapan Hidup (UHH) yang tertinggi.

"Selaku warga Aceh Barat saya tidak puas dengan kondisi ini, Aceh Barat sebagai kabupaten induk lebih buruk peringkat IPKM dibandingkan dengan Simeulue dan Aceh Jaya," keluh Afrizal.

Afrizal meminta Pemerintah Aceh Barat untuk jangan sibuk dengan pembangunan insfrastruktur, namun juga perlu meningkatkan anggaran kesehatan.

“Perencanaan pembangunan daerah terutama bidang kesehatan baik yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) maupun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) inline harus sejalan dengan pelaksanaan dilapangan,” harapnya

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...