Unduh Aplikasi

Besok Pemerintah Aceh Luncurkan RT-PCR Covid-19

Besok Pemerintah Aceh Luncurkan RT-PCR Covid-19
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pemeritah Aceh akan menggelar lauching pemeriksaan RT - PCR covid 19 di Balitbangkes Aceh, Desa Siron , Ingin Jaya pada Kamis (16/4) besok.

 

Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi masyarakat Aceh, dimana pemeriksaan RT-PCR Covid sudah dapat dilakukan di Aceh sehingga untuk mengetahui hasil tes Covid-19 tidak memerlukan waktu yang lama.

Kepastian peresmian ini diperoleh AJNN dari Asisten II Pemerintah Aceh Teuku Ahmad Dadek.

“Ia betul Plt Gubernur Aceh akan meresmikan fasilitas RT-PCR Covid-19,” ujar Dadek.

Berdasarkan penelusuran AJNN, RT-PCR atau real-time Polymerase Chain Reaction merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui seseorang positif Covid-19 atau tidak.

Dilansir dari tirto.id, Metode PCR yang sering disebut dengan swab test yang menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan.

Tes ini dilakukan oleh para petugas kesehatan dengan menyeka bagian belakang tenggorokan. Dari segi waktu pemeriksaan, hasil pemeriksaan dengan rapid test hanya membutuhkan waktu 10 menit hingga 2 jam melansir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu, CDC menyebutkan pemeriksaan dengan metode PCR paling cepat membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Metode PCR tersebut diklaim memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap virus COVID-19.

Banner Kerja Sama Aceh Hebat

Komentar

Loading...