Unduh Aplikasi

Besok, DKPP Putuskan Perkara Etik Ketua dan Anggota KIP Nagan Raya

Besok, DKPP Putuskan Perkara Etik Ketua dan Anggota KIP Nagan Raya
Potongan surat penggilan sidang DKPP. Foto: Ist

BANDA ACEH - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI akan membacakan putusan kasus dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu yakni ketua dan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya.

Pembacaan putusan perkara teradu I Idris (Ketua KIP) dan teradu II Ahmad Husaini (Anggota) ini akan berlangsung di ruang sidang DKPP RI, Jakarta sekitar pukul 13.30 WIB besok, Rabu 5 Februari 2020.

Kasus ini sebelumnya dilaporkan oleh Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kabupaten Nagan Raya, Said Mudhar. Diduga, Ketua dan Anggota KIP Nagan Raya itu meminta uang sejumlah Rp 5 juta kepada 25 orang anggota DPRK Nagan Raya terpilih periode 2019-2024.

"Iya besok sidangnya, ini saya lagi dalam perjalanan ke Jakarta untuk menghadiri sidang pembacaan putusan DKPP RI," kata kuasa hukum pelapor, Zulkifli kepada AJNN, Selasa (4/2).

Kata Zulkifli, perbuatan keduanya diduga telah melanggar prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemilu. Bahkan sangat bertentangan dengan PKPU nomor 15 tahun 2015 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum.

"Dalam perkara ini, kami juga telah melampirkan berbagai alat bukti seperti slip transfer via teller BRI, dan sejumlah link berita di media yang menyebutkan sejumlah caleg terpilih terkena pungli pengurusan SK," tutur Zulkifli.

Komentar

Loading...