Unduh Aplikasi

Besok, AJI Banda Aceh Pilih Ketua Baru

Besok, AJI Banda Aceh Pilih Ketua Baru
Foto: Net

BANDA ACEH - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh bakal menggelar Konferensi AJI Kota (Konferta) ke-9 di D'Energy Cafee Lamsayeun, Aceh Besar, pada Sabtu (27/3/2021).

"Kegiatan konferta adalah kegiatan memilih ketua dan sekretaris baru masa jabatan 2021-2024," kata Ketua Panitia Konferta, Aprizal Rachmad, pada Jumat (26/3/2021).

Untuk nama bakal calon ketua dan sekretaris, hingga Jumat (26/3/2021) dikatakan Aprizal, belum ada pasangan yang mendaftar.

Akan tetapi sejumlah nama anggota, seperti Juli Amin, Zulkarnaini Muchtar, Zulkarnaini Masry, Zuhri Novandi, Davi Abda, Agus Setyadi, dan Nova Misdiyanti serta Yayan Zamzami digembar-gemborkan bakal meramaikan bursa calon ketua.

"Belum ada yang daftar, namun sejumlah nama sempat digembar-gemborkan bakal mencuat naik," ungkapnya.

Selain melaksanakan konferta, AJI Kota Banda Aceh terlebih dahulu menggelar seminar nasional bertajuk "Minerba Aceh Simalakama". 

Tema tersebut diusung guna memberikan pemahaman kepada jurnalis agar mengawal realisasi penerapan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) sesuai dengan kaedah dan tidak menyimpang melalui pemberitaan yang kompleksitas dengan tujuan menyejahterakan masyarakat serta tetap menjaga keseimbangan alam.

"Menyampaikan seruan lewat produk jurnalistik agar berpartisipasi dan melek hukum terutama berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki Aceh," jelas Aprizal.

Adapun pemateri dalam seminar, di antaranya dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Aceh, Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (Haka), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), dan akademisi.

Komentar

Loading...