Unduh Aplikasi

Bertambah 13 Orang Positif Corona di Aceh, Empat Dokter, Satu Perawat

Bertambah 13 Orang Positif Corona di Aceh, Empat Dokter, Satu Perawat
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pasien positif terpapar virus corona (Covid-19) di Aceh kembali bertambah sebanyak 13 orang. Diantaranya empat dokter dan satu perawat.

Mereka semua terkonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab berdasarkan polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unsyiah, Senin malam (27/7).

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Unsyiah, dr Safrizal Rahman membenarkan bahwa 13 orang dinyatakan positif corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium FK Unsyiah yang keluar semalam. Termasuk dokter, perawat dan masyarakat biasa dari Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

"Iya benar, empat dokter, satu perawat, lain masyarakat biasa dari Aceh besar dan Banda Aceh," kata Safrizal Rahman saat dikonfirmasi AJNN, Selasa (28/7).

Safrizal menyebutkan, dari empat dokter tersebut, tiga diantaranya sedang mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), satu dokter yang bertugas di IGD RSUDZA, dan seorang perawat.

Namun, karena para dokter dan perawat tersebut tak bergejala, maka mereka tidak dirawat di RSUDZA, melainkan isolasi mandiri di Mess BPSDM Aceh.

"Tidak (dirawat di RSUZA), diisolasi di BPSDM, karena mereka tidak bergejala," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Pelayanan Tim PIE Covid-19 RSUDZA, dr Novina Rahmawati menyebutkan, lima para medis yang positif corona itu antara lain, dokter PPDS yakni FAK (30), Zul (34), dan MI (37).

Kemudian satu dokter umum berinisial KR (32), Mn (28) merupakan seorang perawat, keduanya bertugas di IGD RSUD Zainoel Abidin. Mereka diduga tertular dari salah seorang pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di IGD setempat.

"Ada tambahan tenaga medis dan para medis yang positif sebanyak lima orang, dari hasil tracking kontak erat dengan pasien positif TI (79) di IGD RS," kata dr Novina Rahmawati kepada AJNN, Selasa (28/7).

Baca: Pasien Corona Bertambah Enam Kasus, Total Sudah 168 Orang

Saat ini, lanjut Novina, para tenaga medis tersebut tidak menjalani perawatan secara intensif, mereka hanya menjalani isolasi mandiri.

"Mereka yang positif sudah isolasi mandiri, disupervisi oleh tim medis dan surveilance," ujarnya.

Karena adanya para medis yang terpapar, hari ini pihak RSUDZA akan melanjutkan tracking dan test terhadap yang kontak erat.

"Bagi yang sudah memeriksa diri dan menunggu hasil PCR mohon dapat melakukan isolasi diri sementara sampai keluar hasil laboratorium," tutur Novina.

Namun, mengenai delapan pasien di luar tim medis, yakni warga Aceh Besar dan Kota Banda Aceh itu, baik Safrizal Rahman maupun Novina Rahmawati belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut mengenai identitas dan riwayat mereka.

Dengan bertambahnya 13 tiga pasien tersebut, maka total kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 184 orang.

Komentar

Loading...