Unduh Aplikasi

Bertahanlah di Jalan Sunyi

Bertahanlah di Jalan Sunyi
Ilustrasi: teahub.oi

PESAN yang disampaikan Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, jelas. Pada peringatan 113 tahun Hari Kebangkitan Nasional, Firli menyerukan seluruh elemen bangsa untuk "Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!" 

Slogan itu adalah tema yang dinilai Firli sangat tepat untuk merespons ragam permasalahan bangsa yang harus dihadapi oleh seluruh Rakyat Indonesia. Terutama dari sisi korupsi yang terus mewabah.

Ibaratkan kanker, korupsi merambat di semua lini. Hampir tak ada sisi kehidupan di negara ini yang tersentuh korupsi. Karena itu, untuk memerangi korupsi, juga dibutuhkan sebuah upaya yang lebih serius. 

Terutama dalam mengambil sejumlah kebijakan. Beruntung, KPK terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi lain, untuk menanamkan upaya pencegahan antikorupsi. 

Di Aceh, misalnya, beberapa waktu lalu, Firli menyatakan dukungan lembaga yang dipimpinnya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. 

Kesadaran bahwa korupsi adalah kejahatan kemanusiaan harus tertanam oleh seluruh lapisan masyarakat. Dan itu dimulai dari para pemimpin. Karena apapun ceritanya, masyarakat adalah peniru. Mereka akan meniru sikap para pemimpin.

Kita tak boleh merasa pemberantasan korupsi ini terlalu berat. Bahkan di saat banyak pihak yang berupaya merongrong upaya pemberantasan korupsi dan memutarbalikkan pemahaman tentang perang terhadap korupsi. 

Seperti yang pernah disampaikan Abraham Samad, bekas Ketua KPK, pemberantasan korupsi adalah jalan yang sunyi. Dan dibutuhkan banyak energi, serta pengorbanan, bagi para pejuangnya. Bersabarlah dan bertawakkallah.

Komentar

Loading...