Unduh Aplikasi

Bertahan di Tengah Pandemi

Bertahan di Tengah Pandemi
Ilustrasi: owncloud

PEMERINTAH Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota tak boleh meremehkan alarm yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengindikasikan pergerakan ekonomi yang mengalami pelemahan dan pelambatan akibat Covid-19.

Perputaran laju perekonomian yang melambat dalam setahun belakangan ini disebabkan oleh sejumlah pembatasan yang mau tak mau memaksa sejumlah usaha terganggu. Larangan menggelar pertemuan dalam jumlah yang besar, atau larangan bepergian membuat peredaran uang tertahan. 

Di saat yang sama, orang-orang berduit memilih untuk mengerem konsumsi. Dapat dimaklumi memang. Karena di tengah pandemi dan ketidakpastian perekonomian ini, langkah yang paling logis, bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, adalah mengurangi konsumsi. 

Bagi para pemilik kapital yang besar, kelesuan ekonomi ini dimanfaatkan untuk berinvestasi di bidang-bidang yang tidak terlalu berisiko. Seperti membeli tanah atau properti. Menahan harga hingga aset tersebut layak dijual dan mendatangkan keuntungan besar.

Bagi kepala daerah, permasalahan-permasalahan ini jelas bukan urusan mudah. Mereka harus mampu melahirkan terobosan yang memastikan perekonomian tetap tumbuh dan bergerak dengan tidak mengorbankan urusan kesehatan dalam jangka pendek dan menengah. 

Dalam jangka panjang, pemerintah daerah, di provinsi dan kabupaten/kota, harus memikirkan energi untuk meningkatkan daya saing yang dapat memacu perputaran ekonomi di daerah masing-masing. Salah satunya adalah sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan, yang menjadi nadi perekonomian Aceh, sembari membenahi sektor perdagangan. 

Untuk itu, pemerintah perlu mendorong agar hasil pertanian, peternakan dan perkebunan di Aceh dapat diolah di Aceh. Mendorong perbaikan mutu produk dan kemasan serta membuka pasar baru dan kerja sama dengan daerah lain di luar Aceh. 

Kreativitas adalah kunci. Pemerintah jangan hanya berpikir untuk menghabiskan anggaran yang ada. Yang perlu diperhatikan adalah memanfaatkan anggaran yang ada untuk membantu para pengusaha di sektor riil. Sehingga mereka mampu menciptakan produk-produk yang bisa bersaing dan mendapatkan tempat di tengah masyarakat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...