Unduh Aplikasi

Bersiap Mewujudkan Kurikulum SMK Eduteknopreneur Islami

Bersiap Mewujudkan Kurikulum SMK Eduteknopreneur Islami
Foto: Ist

BANDA ACEH - Provinsi Aceh terus bersiap untuk mewujudkan Kurikulum Aceh berbasis Dinul Islam. Salah satunya dengan melaksanakan evaluasi hasil ujicoba buku/modul jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini dilakukan sebagai salah-satu tahapan yang harus ditempuh dalam proses aktualisasi pendidikan dinul Islam di provinsi Aceh.

Kegiatan yang berlangsung 27-29 Mei 2019, dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem Yakob, S.Ag, M.Pd, atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Senin (27/05/2019), di Grand Permata Hati, Banda Aceh.

Penyelesaian buku panduan dan persiapan pelaksanaan evaluasi hasil ujicoba buku/modul jenjang SMK dalam bentuk diskusi kelompok terfokus atau Focus Group Discussion (FGD) tingkat provinsi Aceh tahun 2019 ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd, menyampaikan bahwa, setelah dilakukan evaluasi buku/modul nantinya akan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) draft Peraturan Gubernur Aceh tentang Kurikulum SMK Eduteknopreneur Islami.

"Nah, Kurikulum Aceh juga harus mengacu pada perubahan delapan standar pendidikan yang ada di SMK/MAK. Pendidikan berbasis teknologi dan kewirausahaan yang Islami (Eduteknopreneur), diharapkan berfungsi membentuk dan menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi, bersaing di dunia kerja dan atau membuka usaha baru berdasarkan pendidikan Islami," ujarnya.

Sementara pendidikan Islami, jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh ini, berfungsi mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah S.W.T, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

"Tentunya, salah-satu urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Aceh merupakan pelaksanaan keistimewaan Aceh adalah penyelenggaraan pendidikan berkualitas serta berbasis Dinul Islam," terang Muslem.

Ia menyebutkan bahwa sesuai Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) Nomor 11 Tahun 2006, sebagaimana termaktub dalam pasal 218 ayat 1 disebutkan, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota menetapkan kebijakan mengenai penyelenggaraan pendidikan formal, pendidikan dayah dan pendidikan nonformal lain melalui penetapan kurikulum inti dan standar mutu bagi semua jenis dan jenjang pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Dr Asbaruddin M. Eng, menjelaskan, kelompok diskusi terarah FGD ini nantinya diharapkan dapat menemukan berbagai kendala dan permasalahan implementasi buku/modul jenjang SMK.

"Sekaligus mempersiapkan regulasi pelaksanaan kurikulum Aceh dalam bentuk draft Peraturan Gubernur Aceh," jelasnya.

Kegiatan yang diikuti 20 peserta yang terdiri dari SMK, akademisi, Biro Hukum Setda Aceh, Disnakermobduk Aceh, LPMP Aceh, Kemenag Provinsi Aceh serta tim pengembang kurikulum Aceh.[]

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...